Home » Berita » Chip Implan Otak di Masa Depan Bisa Sembuhkan Kebutaan?

Chip Implan Otak di Masa Depan Bisa Sembuhkan Kebutaan?

chip implan

Dok: Mashable

Kebutaan atau kehilangan kemampuan melihat, merupakan salah satu gangguan fungsi indera pengelihatan yang memang sulit disembuhkan. Kondisi ini bisa terjadi akibat kejadian tertentu maupun bawaan sejak lahir. Kebutaan biasanya tidak bisa sembuh 100 persen walau pasien telah mendapatkan penanganan medis yang intensif.

Sulitnya menyembuhkan kebutaan inilah yang lantas menjadi dasar bagi para ilmuwan untuk terus bekerja keras dan mendapatkan penemuan baru. Benar saja, setelah bekerja cukup lama, terdapat sebuah penemuan yang menarik untuk diperbincangkan. Penemuan itu adalah chip nantinya bisa diimplan ke dalam otak dan kabarnya bisa menyembuhkan kebutaan.

Baca :   Motherboard Biostar H110M-BTC Dibuat Khusus untuk Crypto Mining

Bagaimana caranya? Chip implan yang diberi nama FlatScope ini ternyata memiliki bentuk serupa dengan mikroskop kecil. Untuk menyembuhkan kebutaan, pihak medis akan menanamkan chip ini ke dalam otak manusia. Kemudian di dalam otak itulah terjadi suatu proses yang melibatkan pemantauan dan juga pemicu sinyal otak.

Pemicu ini mengubah saraf menjadi suatu zat yang dapat menerima rangsangan cahaya dan gelombang elektromagnetik lainnya. Modifikasi yang dilakukan oleh chip implan ternyata akan menghasilkan zat fluoresensi yang akan membantu proses penerimaan cahaya. Dengan cara inilah kebutaan bisa disembuhkan.

Baca :   10 Laptop Pelajar Harga 3 Jutaan Terbaik dan Terpopuler

Menurut salah satu ilmuwan yang turut bekerja dalam mengembangkan chip implan tersebut di Rice University, Philip Alveda, fungsi utama dari impan chip ini adalah merangsang penerimaan cahaya dengan meningkatkan kapasitas saraf si penderita. Proses ini akan membuat penderita menjadi lebih mudah menerima cahaya.

“Kapasitas saraf si penderita akan meningkat dengan menggunakan metode ini. Implan inilah yang menjadi penghubung antara otak dan mata. Alhasil, proses penembuhan pun lebih cepat,” ujar Alveda.

Baca :   Kedai Kopi Ini Bebas Menjual Kopi Sianida, Bahkan Pengunjung Suka

Menurut Alveda, ia mengatakan bahwa hingga saat ini chip implan tersebut masih dalam tahap penelitan dan perkembangan lebih lanjut. Namun, perkembangan tersebut telah sampai pada tahap uji coba. Pengujian pun dilakukan kepada beberapa pasien sukarelawan untuk kemudian dilakukan pemantauan.

“Kami sudah mengetahui alur serta arah penelitian kami di chip implan ini, “ tambah Alveda. Hingga saat ini, produk tersebut masih belum digunakan untuk pemakaian secra umum di luar uji coba.

About Bagas Dharma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*