Home » Berita » GIGABYTE Rilis Kartu Grafis Termungil di Dunia

GIGABYTE Rilis Kartu Grafis Termungil di Dunia

Kartu Grafis

Dok: GIGABYTE

GIGABYTE melalu NVIDIA telah lama melakukan pengembangan kartu grafis yang diperlukan untuk menunjang penggunaan desktop, terutama gaming. Terakhir, GIGABYTE telah merilis NVIDIA Max-Q yang merukan GPU paling ringkas dan kompak untuk digunakan di laptop kelas atas. Lantas, bagaimana dengan kartu grafis untuk desktop?

GIGABYTE ternyata tidak lupa melakukan pengembangah pada kartu grafis untuk desktop. Dengan berbagai perkembangannya hingga saat ini, GIGABYTE telah berhasil menciptakan sebuah kartu grafis yang berukuran sangat kecil, yakni hanya 16,9 cm saja. Ukuran ini bahkan hanya setengah dari GTX 1080 Founder Edition. Oleh karena itu, GPU terbaru ini juga sering disebut GTX 1080 versi mini. GIGABYTE pun mengklaim bahwa GTX 1080 mini ini merupakan kartu grafis atau GPU termungil yang pernah dibuat untuk desktop.

Baca :   DET: Solve the Mystery, Game Android Terbaru Karya Anak Bangsa

Sayangnya, membuat sebuah kartu grafis berukuran kecil memiliki masalah tersendiri. Membuat sebuah kartu grafis atau GPU berukuran 16,9 cm ternyata berpengaruh pada jumlah kipas yang bisa dipasang. Jumlah kipas sudah tentu akan berpengaruh pada suhu perangkat apabila sedang digunakan. Apabila jumlah kipas yang dipasang terlalu sedikit, maka bisa-bisa kartu grafis akan panas bekerja dengan tidak optimal saat digunakan.

Baca :   Windows Akan Segera punah, Benarkah?

Tetapi masalah pendinginan ternyata telah dipikirkan oleh GIGABYTE. Untuk mengatasi jumlah kipas yang berkurang akibat kecilnya ukuran GPU atau kartu grafis terbarunya itu, maka GIGABYTE menggunakan heatpipe yang terbuat dari bahan tembaga sebagai penyalur panas yang sangat baik. Selain itu, kipas yang dipasang memiliki ukuran 90 mm dengan desain baling-baling yang dibuat khusus untuk membuat proses pendinginan menjadi lebih optimal. Teknologi 3D Active Fan juga disematkan agar pemutaran kipas tidak menimbulkan suara yang terlalu keras dan berisik sehingga kemungkinan dapat mengganggu kenyamanan pengguna.

Baca :   Pesta Tahun Baru 2015 Di Kota Makassar di Event "Basah Mami"

Saat ini, harga dan spesifikasi lanjutan dari kartu grafis ini memang belum resmi diumumkan oleh pihak GIGABYTE. Jika Anda sudah ngebet untuk menggunakannya, maka harap bersabar terlebih dahulu. Tetapi yang terpenting adalah VGA GTX 1080 mini ini pastinya bisa menunjang kinerja desktop Anda untuk performa yang lebih optimal dalam penggunaannya.

About Bagas Dharma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*