Pemilihan Skuad Tim Nasional Inggris Menjadi Kejutan Berita Bola Piala Dunia 2018

by

Salah satu Berita Bola Piala Dunia 2018 yang tengah hangat dibicarakan adalah pengumuman skuad tim negara – negara yang akan berangkat ke Rusia nanti. Beberapa manajer secara mengejutkan tidak memasukan beberapa pemain bintang ke dalam daftar pemain yang dibawa ke putaran final Piala Dunia 2018 nanti. Kekecewaan dipastikan dialami oleh para pemain yang tidak mendapat kesempatan membela tim nasional di turnamen sepakbola antar negara terbesar di dunia tersebut.

Gareth Southgate yang menangani tim nasional Inggris setelah kasus kontroversial Sam Allardyce membuat keputusan tegas dengan mencoret beberapa pemain senior dengan status bintang.

Inggris Ingin Mengembangkan Tim Muda Untuk Masa Depan

Keputusan Soutghate untuk meninggalkan beberapa pemain senior menunjukkan dengan jelas prinsip yang dipegang sang manajer sekaligus rencana jangka panjang yang dimiliki Inggris. Southgate yang telah menduduki jabatan manajer The Three Lions selama 18 bulan dengan berani mencoret beberapa pemain senior dengan pengalaman berlaga di turnamen besar. Nama Wayne Rooney dan Joe Hart menjadi 2 dari beberapa nama pemain bintang lain yang hampir pasti absen dan menjadi kejutan Berita Bola Piala Dunia 2018 di pertengahan bulan Mei ini. Dua pemain senior tersebut bersama Jack Wilshere, Theo Walcott dan Chris Smalling kemungkinan besar tidak akan ada dalam dalam daftar 23 pemain tim nasional Inggris yang berangkat ke Rusia.

Faktor usia dan penampilan kedua pemain senior tersebut selama musim 2017/18 sepertinya menjadi dasar dari keputusan Southgate untuk mencoret pemain – pemain bintang tersebut. Sejak kedatangan Pep Guardiola di Manchester City, posisi Hart sebagai penjaga gawang utama segera tergusur dan dipinjamkan ke Torino di Liga Serie A Italia. Sedangkan pada musim lalu Hart menjalani 1 musim dengan mengenakan seragam West Ham United.

Penampilan kurang meyakinkan Hart bersama West Ham United sepertinya sudah cukup menjadi alasan bagi Southgate lebih memilih Nick Pope yang tampil mengesankan bersama Burnley. Keputusan tersebut menjadi sebuah kejutan lain di Berita Bola Piala Dunia 2018 bulan Mei ini setelah Southgate memilih 3 penjaga gawang minim pengalaman internasional di skuad Inggris. Situasi serupa juga dialami Rooney yang menjalani musim buruk bersama Everton.

Gareth Southgate Berpegang Teguh Pada Penilaian Performa

Southgate yang merupakan mantan manajer tim nasional Inggris U23 sepertinya menjadikan performa di musim 2017/18 sebagai pertimbangan utama memilih pemain selain faktor usia. Kini Inggris memiliki rata – rata usia pemain 26 tahun 18 hari; cukup muda untuk sebuah tim yang berangkat ke turnamen sebesar Piala Dunia. Tercatat hanya 5 pemain yang dipilih Roy Hodgson di Piala Dunia 2014 yang kembali dipanggil oleh Southgate. Kemunculan nama Gary Cahill menjadi di Berita Bola Piala Dunia 2018 terkait skuad Inggris mengingat bek tengah Chelsea tersebut terbilang cukup berumur. Selain Cahill; Southgate juga masih memanggil Phil Jones, Danny Welbeck, Raheem Sterling dan Jordan Henderson.

Pemanggilan Henderson dan Sterling mungkin sulit untuk dipertanyakan mengingat keduanya tampil bagus di musim lalu. Sedangkan Jones, Welbeck dan Cahill terbilang tampil biasa saja bersama klub masing – masing. Faktor kemungkinan bermain dengan formasi 3 pemain belakang sepertinya menjadi alasan memanggil Cahill yang telah terbiasa bermain dengan skema tersebut. Sedangkan Jones merupakan pemain belakang yang dapat bermain di beberapa posisi.

Sementara faktor kebugaran kemungkinan besar menjadi alasan pemanggilan Welbeck untuk mendampingi Harry Kane, Jamie Vardy dan Marcus Rashford. Perubahan daftar masih mungkin terjadi dan dipastikan menjadi Berita Bola Piala Dunia 2018 yang menarik diikuti sebelum turnamen tersebut dimulai.