Home » Berita » Kenapa Paspor Dibuat Cuma 4 Warna? Ini Penjelasannya!

Kenapa Paspor Dibuat Cuma 4 Warna? Ini Penjelasannya!

Sebelum lanjut kepada penjelasan judul artikel ini, kamu mungkin perlu tahu dulu apa saja ke empat warna dari paspor tersebut kan? Kalau kamu termasuk orang yang suka traveling ke berbagai negara, pasti kamu tahu ke empat warna itu. Ya, ke empat warna itu adalah merah, biru, hijau, dan juga hitam.

Nah, kenapa hanya warna itu saja yang dipilih?

Ada yang mengatakan kalau warna tersebut katanya, berdasarkan budaya, ada juga yang dipengaruhi karena sejarah. Tapi, lebih banyak yang mengatakan kalau tersebut berdasarkan kepraktisannya dan juga ketersediaannya saja sih. Paspor ini sendiri dibuat hanya oleh beberapa perusahaan di dunia saja, dan kontrolnya pun sangatlah ketat. Sampul paspor tersebut terbuat dari kertas kraft, dan biasanya dibuat terpisah dengan isinya. Yang mana itu juga akan menentukan warna serta tingkat keamanan dari paspor tersebut.

Baca :   Motherboard Biostar H110M-BTC Dibuat Khusus untuk Crypto Mining

Negara dengan warna paspornya

Di bawah ini, kamu bisa melihat apa saja negara yang menggunakan warna-warna paspor tersebut.

  1. Paspor Merah

Paspor merah ini katanya lebih banyak dipilih oleh negara yang berlatar belakang komunis dan juga memiliki sejarah tinggi seperti, Slovenia, China, Serbia, Romania, Latvia, Polandia, serta Georgia.

Baca :   BBM Naik, Mahasiswa Juga Naik Pitam
  1. Paspor Biru

Untuk paspor dengan warna sampul biru itu lebih menganggap dirinya sebagai ‘dunia baru’. Negara-negara tersebut antara lain adalah negara bagian seputar Amerika Selatan, Brasil, Argentina, Paraguay, dan juga 15 negara Karibia lainnya. Amerika serikat sendiri sempat menggunakan paspor dengan sampul warna biru pada tahun 1976 loh!

  1. Paspor Hijau

Bagi Anda yang sudah pernah naik haji atau umroh, pasti lebih mengenai paspor dengan sampul warna hijau ini. Karena, warna hijau dipercaya sebagai warna favorit Nabi Muhammad SAW. Selain Arab Saudi, negara lainnya yang menggunakan paspor warna hijau itu antara lain, Pakistan, Maroko dan lain sebagainya.

  1. Paspor Hitam
Baca :   Chip Implan Otak di Masa Depan Bisa Sembuhkan Kebutaan?

Untuk warna hitam sendiri, alasannya masih belum jelas, sehingga masih jarang yang menggunakannya. Negara-negara yang menggunakan paspor bersampul hitam lebih banyak di benua Afrika seperti Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Congo, dan lain sebagainya.

Nah, sudah tahukan warna-warna paspor itu apa saja, dan untuk negara mana saja!

About Firman Rasyid

Firman Rasyid lahir di Parepare, 18 Juni 1988. Firman yang lebih akrab dipanggil Immunk ini adalah seorang pria tertutup yang hampir tidak pernah sama sekali membagikan masalahnya kepada orang lain. Atau mungkin karena hidupnya memang tidak pernah bermasalah sama sekali (Perlu dipertanyakan). Selengkapnya tentang saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*