Kurangi Kebiasaan Ini! Karena Akan Mengurangi Fungsi Otak

Posted on

sistem kerja dua belah otakOtak merupakan inti dari kehidupan. Jika, otak Anda sudah tidak berfungsi lagi, itu sama saja Anda sudah mati. Karena, semua sistem saraf dan yang menggerakkan tubuh Kita berasal dari otak. Nah, bagaimana jika otak Kita sampai rusak dan tidak berfungsi lagi? Pentingnya merawat otak dengan memberikan nutrisi yang cukup melalui makanan yang Anda konsumsi. Dan, ada juga beberapa kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi fungsi otak yang harus Anda hindari. Kebiasaan apakah itu? Mari kita simak bersama-sama agar terhindar dari kerusakan otak.

Baca juga :   Kebiasaan Buruk Tapi Baik Bagi Kesehatan

1. Kurang dan kelebihan tidur

Penelitian memang tidur dapat meningkatkan fungsi otak karena, dengan tidur otak kita yang telah bekerja seharian dapat diistirahatkan agar hari berikutnya dapat segar dan bekerja dengan baik kembali. Tapi, bagaimana jika tidur Anda kurang atau berlebih? Tidur yang kurang atau berlebih sangat berpengaruh dalam perkembangan dan fungis otak. Otak yang kurang diistirahatkan bagaikan sebuah komputer yang aktif selama 24 jam pasti akan mengalami lag dan lambat loading (lalod). Sama halnya dengan otak Anda. Tidur berlebih juga seperti itu, dapat membuat fungsi otak Anda tidak berkembang sehingga menimbulkan kemalasan dan penyakit. Waktu tidur yang cukup dalam sehari antara 6-8 jam.

2. Stres

Yang satu ini memang datangnya langsung dari otak. Karena, menimbulkan perasaan depresi, gelisah, dan cemas. Orang stres bisa juga dikatakan orang yang telah kehilangan fungsi otak. Karena, biasanya orang stres akan nekat melakukan apa saja bahkan bunuh diri. Maka dari itu hindarilah stress dengan selalu berpikiran positif.

3. Merokok

Bagi sebagian orang yang pecinta rokok, merokok merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres. Padahal pada bungkusan rokok tersebut sudah jelas-jelas tertulis “Dilarang merokok, dapat menimbulkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin”. Tapi, masih saja ada yang merokok, itu tandanya orang tersebut sudah kehilangan fungsi otaknya.

4. Minum alkohol

Alkohol dan minum memabukkan lainnya tidak jauh berbeda dengan rokok yang akan merusak fungsi otak Anda.

5. Jarang bersosialisasi

Pikiran yang jarang digunakan untuk bertemu dan berbicara dengan bersosialisasi dengan orang sekitar akan membuat Anda depresi. Orang yang seperti ini biasanya kurang kreatif. Karena, lingkungan merupakan sarana paling bagus dalam meningkatkan fungsi otak Anda.

 

Firman Rasyid lahir di Parepare, 18 Juni 1988. Firman yang lebih akrab dipanggil Immunk ini adalah seorang pria tertutup yang hampir tidak pernah sama sekali membagikan masalahnya kepada orang lain. Atau mungkin karena hidupnya memang tidak pernah bermasalah sama sekali (Perlu dipertanyakan). Selengkapnya tentang saya