Tips Ampuh Memberi Minum Obat Pada Anak

Posted on
cara memberi obat pada anak

Ketika sang buah hati sakit, tentu saja berbagai perasaan dari orang tua gak karuan. Berbagai perasaan tertumpah menjadi satu. Dari mulai rasa kasihan, khawatir, sedih, dan perasaan lainnya yang sangat lumrah dirasakan oleh kedua orang tua.

Tapi ada perasaan yang paling mengganggu adalah perasaan jengkel dalam hati yang kadang terungkap kepembicaraan bahkan kedalam tingkah laku. Yaitu saat kita akan memberi obat pada anak tapi dia gak mau meminumnya

Seperti yang saya alami selama ini contohnya, anak saya tergolong anak yang sulit untuk mengkonsumsi obat-obatan. Meskipun obat untuk anak-anak kebanyakan rasanya manis dan beraroma buah-buahan kesukaannya tapi kandungan kimia obat cukup menyengat bagi penciuman mereka yang peka.

Sobat netter…

Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai cara memberi obat pada anak, agar sakitnya bisa cepat sembuh.

1. Berikan sugesti dan pemahaman secara detail, bahwa obat yang kita berikan itu bukan untuk menyakiti dia melainkan agar dia cepat sembuh.

2. Hindari memberikan ancaman agar dia mau minum obat, karena hal tersebut hanya akan memperparah keadaan. Serta dikemudian hari akan semakin sulit bagi sang anak untuk menerima obat.

3. Campurkan obat dengan makanan yang sekiranya dapat menepis bau obat, tapi tidak menghilangkan efek penyembuhan, serta tidak memberikan efek samping ( tidak berbahaya ). Hal yang biasa saya lakukan adalah mencampurkan obat kedalam larutan agar-agar sebelum membeku.

4. Ajaklah teman bermainnya saat akan memberkan obat, agar membantu meyakinkannya bahwa minum obat itu tidaklah separah yang dia bayangkan. Katakanlah kalau teman bermainnya tidak sulit untuk minum obat saat dia sakit, kenapa anak kita gak bisa ?

5. Minta bantuan orang lain untuk memberikan dukungan agar dia mau minum obat, seperti gurunya atau orang lain yang sekiranya sangat dia percaya.
Secara baluriah biasanya anak kecil lebih menurut pada perkataan orang lain daripada perkataan orang tuanya.

6. Bila dalam keadaan memaksa dan darurat, tak ada salahnya jika kita melakukan paksaan, toh demi kebaikan dia juga, meskipun hal ini akan memberikan efek traumatic yang berkepanjangan. Tapi kalau tidak kita lakukan akan memperparah sakitnya dan bahkan menjadikannya sakit dalam waktu yang cukup lama.

Memberikan obat pada anak memang terkadang sulit dilakukan, tapi harus kita upayakan. Karena jika obat tidak dia minum tentu akan menjadikan perjuangan yang sia-sia. Meskipun kita berobat ke dokter spesialis yang mahal, tapi kalau obat tidak dia minum tentu tidak aka nada gunanya.

Oke sobat, rupanya cukup sekian dulu yang bisa saya persembahakan peda kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa pada tips-tips berikutnya.

Baca juga :   Trik Unik Maksimalkan Make Up Untuk Tampil Lebih Cantik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *