Home » Selipan Unik » Baca Ini Dulu Sebelum Siap Kuliah di Luar Negeri

Baca Ini Dulu Sebelum Siap Kuliah di Luar Negeri

Baca Ini Dulu Sebelum Siap Kuliah di Luar Negeri oleh unik rumah onlinekuKuliah adalah jenjang pendidikan selanjutnya setelah Anda lulus pendidikan sekolah. Ada berbagai pilihan untuk tempat berkuliah, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Namun, jika Anda ingin mendapatkan pengalaman dan pendidikan yang lebih baik dan fokus, maka kuliah di luar negeri adalah pilihan terbaik untuk Anda. Banyak yang berpendapat bahwa dengan melanjutkan kuliah di luar negeri itu merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga, dan itu memang benar adanya. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa kuliah di luar negeri itu tidak berarti kualitas pendidikan yang didapat akan selalu lebih baik daripada jika kuliah di dalam negeri. Meskipun begitu, melanjutkan studi di luar Indonesia akan mengajarimu hal-hal yang tidak akan kamu dapatkan dari kuliah di sini: yang paling penting, kamu akan belajar jauh lebih banyak tentang dirimu sendiri.

Kecintaanmu terhadap tanah air

Banyak sekali hal-hal negatif dari Indonesia yang ingin kamu hapus: kasus-kasus korupsi, tingkat kelaparan dan pengangguran, kemampuan ekonomi yang lemah dibandingkan dengan dunia, dan lain sebagainya.

Namun, ketika kamu mendengar kejelekan Indonesia keluar dari mulut temanmu yang berasal dari negara lain, kamu mendapati telingamu kepanasan, hatimu ketar-ketir, dan otakmu mulai menyusun argumen yang menonjolkan keindahan Indonesia.

Meskipun kamu tidak berhenti berpikir bahwa ada beberapa hal dari Indonesia yang harus diubah—secepatnya—kamu juga mulai paham bahwa negara ini benar-benar rumahmu yang tidak sempurna, tapi indah dan kaya budaya.

Baca juga :   Trik Kecantikan Alami Untuk Memutihkan Kulit

Dengan pandanganmu yang baru terhadap negara ini, kamu bisa menjadi lebih termotivasi dan bersemangat untuk membawa perubahan yang nyata untuk membawa Indonesia ke masa depan yang lebih baik. Kalau bukan kita generasi muda, siapa lagi?

Pandangan akan Dunia

Oke, di era Internet seperti sekarang ini, informasi yang kita dapatkan tentang hal-hal yang berada di luar Indonesia sudah dengan jauh lebih mudah bisa kita dapatkan dibandingkan dengan ketika orang tua kita muda. Dengan begitu, seharusnya kita sudah bisa memeriksa ulang stereotip-stereotip yang secara tidak langsung kita dapatkan dari generasi sebelum kita.

Nyatanya, kamu baru akan sadar bahwa orang-orang yang kamu temui jauh lebih besar dan lebih dalam dari stereotip-stereotip yang sudah tertanam di otakmu. Ketika kamu berinteraksi dengan mereka yang tidak berasal dari budaya yang sama, pikiranmu akan terbuka dan kamu akan mencoba mengerti pandangan mereka, tidak melulu dibatasi oleh nilai-nilai budayamu sendiri yang sudah tentu akan sangat berbeda.

Kamu akan lebih mengapresiasi perbedaan, dan dengan demikian menjadi individu yang lebih terbuka terhadap keberagaman.

Pemikiran berubah akan keluarga

Akui saja, ketika kamu masih tinggal dengan orangtuamu, banyak hal yang kamu lakukan yang membuat mereka memarahimu sehingga kamu ingin cepat-cepat tinggal sendiri supaya akhirnya bisa merasa bebas, kan?

Tapi, begitu kamu tinggal sendiri untuk kuliah di negara yang asing bagimu, tiba-tiba kamu begitu merindukan masakan ibumu yang hangat tapi terkadang terlalu asin, atau obrolan dengan ayahmu tentang politik yang sebenarnya tidak begitu kamu pedulikan.

Baca juga :   Trik Unik Mengingat Agar Hidup Lebih Mudah

Merindukan rumah itu wajar. Bagaimana pun, keluarga adalah orang-orang yang selalu berada di sekitarmu sejak kamu kecil, dalam masa-masa pertumbuhanmu yang penting, hingga kamu bisa berdiri sendiri di tanah orang lain.

Kamu akan menjadi lebih sadar akan pentingnya keberadaan mereka bagimu, dan dengan begitu akan lebih mengapresiasi keluargamu.

Lebih bersifat mandiri

Jika selama tinggal di rumah orangtuamu kamu tidak perlu repot-repot memikirkan apa yang harus kamu makan tiap malam karena selalu dipersiapkan, sekarang kamu harus merencanakannya setiap hari. Kamu juga harus mencuci bajumu sendiri, dan merapikan kamarmu.

Awalnya memang terasa berat, karena biasanya hal-hal sesederhana ini tidak harus selalu ada di pikiranmu, tapi lambat laun kamu akan terbiasa dengan mengurusi dirimu sendiri. Dengan begitu, sedikit demi sedikit kamu bisa belajar menjadi seorang individu yang lebih mandiri.

Kemandirian tidak harus menjadi sebuah momok, karena sekarang kamu paham bahwa kamu benar-benar bisa bertahan hidup atas usahamu sendiri. Mungkin akan memakan waktu lama hingga kamu sampai ke tahap ini, tapi setidaknya kamu mengerti bahwa petuah-petuah yang sejak dulu diberikan oleh ayah, ibu, kakek, nenek, paman dan bibimu tidak selamanya bertujuan untuk menyudutkanmu—justru mereka sedang mempersiapkanmu untuk menjadi mandiri.

Bertemu sahabat baru

Karena kamu sudah paham bahwa perbedaan harus dipandang sebagai sesuatu yang indah dan bukan sesuatu yang mengerikan dan harus dihindari, pikiranmu bisa lebih terbuka dalam menerima budaya-budaya baru dari lingkungan sekitarmu.

Baca juga :   Sahabat Sejati Itu Adalah Teman Kuliah! Inilah Alasanya

Tidak selamanya tiap kampus memiliki Persatuan Pelajar Indonesia (PPI), jadi kamu akan belajar bergaul dengan orang-orang dari negara lain. Dan, hei, hal ini lebih menyenangkan daripada yang kamu duga! Apalagi, networking semacam ini sangat berguna untuk ketika kamu sedang mencari pengalaman yang berbeda setelah selesai kuliah nanti.

Belajar budaya dan bahasa baru lewat teman-temanmu adalah salah satu kelebihan yang paling menyenangkan dari pengalaman kuliah di luar negeri. Apalagi, karena kamu dan teman-temanmu belajar untuk saling paham dan menghargai budaya, sudut pandang, dan pikiran masing-masing, kalian akan saling mengenal secara lebih dalam. Dengan begitu pertemanan kalian tidak hanya di permukaan sebatas saling sapa di koridor kampus saja, tapi juga mendalam.

Jenis persahabatan yang selalu berbagi hal-hal positif inilah yang akan tetap bertahan lama. Meski pada akhirnya kalian akan pulang ke negara masing-masing atau pergi ke tempat lain untuk membangun kehidupan, kalian akan selalu memiliki ikatan yang tidak dapat diputuskan oleh jarak dan waktu semata.

Plus, kamu bisa dapat info soal musik, film, atau buku yang keren dari budaya yang berbeda-beda!

Apakah kamu berencana untuk melanjutkan studi di luar negeri?

Sumber : Selipan.com

Hello , [email protected] EXIT MY PROFILE ADVERTISERS PUBLISHERS RETAINED REVENUE:$95.21LAST 30 DAYS REVENUE:$0.00TOTAL REVENUE:$205.21 PAYOUTS Publisher > Widgets BACK Widget rumahonlineku.com 120677 GENERALDETAILED TYPE UNDER ARTICLE WIDGET A responsive ad unit that should be placed below the page content. SUB TYPE FORMAT: CARDS NAME Widget_1_22/04/2017 WEBSITE RUMAHONLINEKU.COM COLUMNS 3 ROWS 2 COLUMNS (MOBILE) TWO COLUMNS THEME #00bfff WIDGET TITLE INTERESTING FOR YOU INTERESTING FOR YOU by Mgid In This Game, The Only Boundary Is Your Imagination Roblox Trade Like A Pro! binary-diploma.com These Smart Lessons Will Always Help You Trade With ... binary-diploma.com Help Your Child Succeed At Badminton - Enter To Win! healthforhappiness.in The Highest Paying Cash Back Credit Card Has Arrived NextAdvisor.com The Roof Of Your House Is A Goldmine - Save $4k This Year ... SolarMarket.com.au SAVERESET ADD ANOTHER WIDGET HAVE A QUESTION? © MGID 2017 All rights reserved Main MGID Page FAQ Terms of Service Privacy policy This is the code for your widget. Just copy and paste it into your website. New widgets may take up to 30 minutes before they start displaying properly.
Loading...
Copy

About Firman Rasyid

Firman Rasyid lahir di Parepare, 18 Juni 1988. Firman yang lebih akrab dipanggil Immunk ini adalah seorang pria tertutup yang hampir tidak pernah sama sekali membagikan masalahnya kepada orang lain. Atau mungkin karena hidupnya memang tidak pernah bermasalah sama sekali (Perlu dipertanyakan). Selengkapnya tentang saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*