Inilah 4 Hantu Terpopuler di Indonesia

Posted on

Awas ada Hantu! Mendengar kalimat tersebut, pasti Anda akan merasa ketakutan untuk berkunjung ke tempat yang disebutkan berhantu tersebut. Sebenarnya hantu itu ada atau tidak ya? Beberapa orang memang telah melihat langsung penampakan dari hantu-hantu tersebut. Namun, masih banyak juga yang hanya membayangkan wajah-wajah dari hantu hasil penjelasan yang telah melihat penampakan tersebut.

Baca juga :   Sanggupkah Anda Hidup Kaya Seperti ini? Atau Pilih Menengah Saja

Nah, terlepas dari argumen soal nyata atau tidaknya keberadaan hantu sebenarnya, banyak daerah di Indonesia yang memiliki hantu versi mereka sendiri. Beberapa hantu seperti kuntilanak, tuyul dan genderuwo termasuk jenis yang populer dan terdapat di beberapa bagian di negara ini. Jenis hantu apa lagi yang ada di cerita-cerita para orang tua zaman dulu?

  1. Banyu – Sumatera Selatan

Disebut juga sebagai “Antu Banyu”, kabarnya hantu yang berhabitat di dalam air Sungai Musi ini memiliki rambut yang panjang dan keras seperti satang. Jika rambutnya berada di atas kapal atau perahu, biasanya perahu itu akan karam! Dia juga akan menyantap orang-orang yang berada di perahu tersebut. Bahkan, katanya dia akan mengambil paksa orang-orang yang berada di sekitar sungai di malam hari. Banyu membiarkan mangsanya terapung dengan ubun-ubun atau punggung yang berlubang, karena katanya dia paling menyukai bagian itu. Huek!

  1. Jerangkong – Jawa Timur

Hantu yang bisa juga disebut “jrangkong” ini berasal dari mitologi masyarakat Jawa kuno. Wujudnya berupa kerangka tulang manusia lengkap dengan tengkoraknya, dan ulahnya adalah mencuri telur ayam dari sarangnya. Selesai makan, dia akan pergi dalam bentuk asap putih. Kabarnya, telur yang dimakan oleh jerangkong tidak akan pecah atau retak, namun ketika dibuka, isinya telah kosong.

Yang menarik, katanya jerangkong bisa ditangkap! Jika entah untuk alasan apa kamu berencana untuk menangkap jerangkong, tungguilah kuburan orang yang kamu curigai sebagai jerangkong (petunjuk: saat hidup, orang ini sering maling telur ayam). Temukan sebuah lubang di kuburan, dan letakkan sebuah batok kelapa yang berlubang di atasnya. Nantinya saat jerangkong dalam bentuk asap putih telah masuk ke batok kelapa, tutup lubangnya dengan kain mori yang bermantra. Selamat berjuang!

  1. Jurig Jarian – Jawa Barat

Dalam bahasa Sunda, jurig berarti hantu, sedangkan jarian berarti tempat sampah. Secara harfiah, jurig jarian berarti hantu tempat sampah. Dipanggil demikian karena habitatnya adalah tempat pembuangan sampah di daerah perkampungan yang biasanya berukuran lumayan besar. Wujudnya bisa berupa anak kecil berkepala botak, atau bisa juga berupa wanita.

Pada umumnya, jurig jarian tidak menganggu, kecuali jika matahari telah tenggelam dan ada orang yang berada di dekat tempatnya bersemayam. Dia juga menganggu anak-anak dan mengakibatkan meriang, demam dan bentol-bentol besar di sekujur tubuh. Jika korbannya adalah wanita hamil, maka akan mengalami kesurupan. Kenapa tinggal di dekat tempat sampah ya? Indera penciuman hantu ini jangan-jangan sudah tidak berfungsi.

  1. Palasik – Minangkabau

Palasik, atau bisa juga dipanggil “pelesit”, terkadang dikategorikan sebagai hantu. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa sebenarnya palasik ini adalah manusia yang mendalami ilmu hitam tingkat tinggi.

Wujudnya berupa kepala melayang dengan organ-organ tubuh yang menempel. Wanita yang hamil tua harus berhati-hati, karena palasik memburu bayi baik yang masih di dalam kandungan atau yang sudah dikubur.

Sumber : Selipan.com

Berita Unik Baru, Update Berita Unik

Firman Rasyid lahir di Parepare, 18 Juni 1988. Firman yang lebih akrab dipanggil Immunk ini adalah seorang pria tertutup yang hampir tidak pernah sama sekali membagikan masalahnya kepada orang lain. Atau mungkin karena hidupnya memang tidak pernah bermasalah sama sekali (Perlu dipertanyakan). Selengkapnya tentang saya

Tinggalkan komentar