Yang Manakah Era Seragam Masa SMA Anda?

Posted on

Kembali ke masa SMA dulu, kira-kira Anda berada di tahun berapa saat duduk di bangku SMA? Tidak, ada yang bisa melupakan masa-masa SMA-nya dulu dengan berbagai perubahan dan juga kenakalan-kenakalan remaja pertama yang mungkin Anda lakukan. Walaupun ada juga yang masih nakal sampai sekarang, atau mungkin baru mau mulai nakal, hehehe. Ada juga yang menggangap masa kuliah adalah masa indahnya. Tapi, semua itu tergantung dari kenangan-kenangan tersimpan ada pada masa-masa sekolah.

Baca juga :   Berita Unik Tentang Kenapa Semua Orang Indonesia Benci 5 Orang Ini?

Nah, beberapa foto-foto di bawah ini mungkin akan mengingatkan kembali masa-masa SMA Anda yang indah tersebut. Entah indahnya karena sering bolos bersama teman, pacaran untuk pertama kalinya, dihukum guru di tengah lapangan berjemur, dan beberapa hal lucu yang mungkin masih tersimpan di benak Anda hingga saat ini.

1. Seragam Jadoel Tahun 70-anYang Manakah Era Seragam Masa SMA Anda 1 oleh unik rumah online

 

Dimulai pada era jaman 70-an, warna seragamnya memang tidak ada yang berubah. Hanya gambar dari kamera saja yang membuat seragam SMA tersebut terlihat lusuh dan sangat kuno sekali. Mungkin ada di antara Anda yang berada di masa itu dan masih mengingat kejadian lucu atau paling mengesankan dalam hidup Anda.

Bagi anak-anak era 70an pada waktu itu, seragam model ini sudah keren banget sekali. Ditambah dengan dandanan rambut ngembang buat cewek plus kumis tebal buat cowok yang hits banget saat itu.

2. Seragam Vintage Tahun 80anYang Manakah Era Seragam Masa SMA Anda 2 oleh unik rumah online

 

Baju ala vintage alias retro emang identik banget dengan era 80an, sampai-sampai kita pun sempat menjadikannya tren di era 2010an. Dan baju era 80an ini pun diangkat dari model seragam SMA mereka di era itu.

Baju agak kedodoran yang dimasukkan ke rok atau celana dengan tambahan sabuk berukuran besar. Kesan rapi pun sangat tampak dari seragam ini. Kalau dilihat dari modelnya gak terlalu beda jauh dengan era 70an, tapi dilihat dari foto diatas, seragam SMA era 80an emang terlihat lebih modern karena foto-foto jaman itu udah berwarna.

3. Seragam Rapih Tahun 90anYang Manakah Era Seragam Masa SMA Anda 3 oleh unik rumah online

 

Nah memasuki era 90an ini (mungkin kita baru aja lahir ya!), seragam SMA udah mengalami sedikit perubahan. Meskipun masih sama-sama gombrong bagian atas, tapi era 90an lebih menekankan pada kerapihan dan kelengkapan dalam berpakaian. Misalnya penambahan atribut ikat pinggang dan juga topi yang dipakai sehari-hari saat sekolah.

Pemilihan sepatu hitam dan kaos kaki putih juga turut melengkapi model seragam SMA kebanggaan mereka di masa itu. Intinya seragam SMA-nya rapi banget deh! Kalo masih penasaran juga kayak apa model seragam era 90an, coba deh tonton lagi film Lupus yang ngegambarin banget remaja SMA di era tersebut.

4. Seragam AADC Tahun 2000an (eh kok mulai ketat?)Yang Manakah Era Seragam Masa SMA Anda 4 oleh unik rumah online

 

Memasuki era tahun 2000 awal, seragam SMA di Indonesia mulai terkontaminasi beberapa pengaruh dari luar, salah satunya adalah pengaruh dari film AADC yang booming banget dan jadi andalan para pelajar dan remaja yang hidup di era 2000an.

Udah gak ada lagi baju atau rok yang kedodoran, justru sebaliknya seragam SMA pun mulai mengetat. Atasan baju model Cinta dan kawan-kawan pun mulai muncul di sekolah-sekolah SMA Jakarta, bahkan kota-kota lain pun ikut mengikuti.

Mereka mulai merasa nyaman dan pede dengan baju ketat dan rok yang agak tinggi diatas lutut. Dan pastinya, kaos kaki panjang yang sering dipakai tokoh Cinta di AADC juga mulai digemari oleh para pelajar cewek. Untuk cowoknya, mereka mengandalkan seragam SMA tokoh Rangga yang sedikit santai dan cuek dalam mengenakan seragam. Selamat tinggal baju rapi..

5. Seragam Gaul ala Tahun 2010Yang Manakah Era Seragam Masa SMA Anda 5 oleh unik rumah online

 

Setelah era seragam AADC udah mulai mereda di kalangan pelajar (meskipun tentu saja masih ada beberapa yang mengikuti), muncullah model seragam baru yang hits di era 2010. Seragam ini cukup gaul namun tak terlalu berlebihan sehingga cukup masuk dan cocok untuk dipakai ke sekolah. Artinya, guru-guru pun gak terlalu banyak yang protes dengan model seragam ini.

Seragam agak ketat namun rapi menjadi kebanggaan para pelajar di era ini. Sebenarnya konsep rapi yang dianut hampir mirip dengan seragam era 90an, bedanya mereka tak lagi menggunakan kemeja kedodoran lagi, namun sudah diganti dengan kemeja yang ngepres di badan.

6. Seragam Sinetron ala Masa KiniYang Manakah Era Seragam Masa SMA Anda 6 oleh unik rumah online

 

Dan terakhir adalah seragam masa kini, dimana model seragam tersebut udah terkontaminasi oleh berbagai sinetron yang mulai lalu lalang dan melintas di pertelevisian Indonesia. Karena beberapa tahun terakhir sampai hari ini banyak sinteron remaja bertema SMA yang lalu lalang di tv, alhasil banyak pelajar SMA yang mengikuti gaya seragamnya.

Misalnya, mereka menggunakan kemeja lengan pendek yang dipadukan dengan rok panjang lipit, rok super ketat diatas lutut, rok kotak-kotak, sampai ada juga sekolah-sekolah yang mulai mewajibkan siswanya untuk memakai cardigan ala film-film Jepang. Keren kan?

Nah, bagaimana dengan gambar-gambar tersebut di atas? Ada yang sudah mengingat masa-masa sekolahnya berada pada era tahun berapa? Jaman sekarang sih memang beraneka ragam bentuk seragam. Karena, semuanya sudah berkiblat fashion ke K-Pop atau Korea sana.

sumber: keepo.me

 

Firman Rasyid lahir di Parepare, 18 Juni 1988. Firman yang lebih akrab dipanggil Immunk ini adalah seorang pria tertutup yang hampir tidak pernah sama sekali membagikan masalahnya kepada orang lain. Atau mungkin karena hidupnya memang tidak pernah bermasalah sama sekali (Perlu dipertanyakan). Selengkapnya tentang saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *