Android Marshmallow Bisa Dinikmati di Nexus 5X dan 6P

Posted on

Para pecinta Android, pasti sudah lama menunggu sistem operasi terbarunya yang bernama Android M (Marshmallow). Dan, ternyata sistem operasi terbaru ini akan pertama kali diluncurkan untuk perangkat Google smartphone sendiri yaitu Nexus 5X dan 6P. Sistem operasi terbaru dari Google ini memang sudah lama dinantikan setelah beredarnya Android terakhir dari Google yaitu Lollypop 5.

Baca juga :   PES 2016 Telah Siap Rilis September Mendatang

Sistem operasi Android Marshmallow memang telah diperkenalkan Google. Dalam beberapa bulan terakhir, versi developer preview-nya pun sempat `dicicipi` oleh sebagian besar pengguna Android, meskipun belum bisa dinikmati dalam versi penuh.

Namun, dalam hitungan beberapa hari lagi, pengguna Android bisa menikmati `empuk`nya Marshmallow. Pasalnya pada 5 Oktober 2015 mendatang Google akan secara resmi merilis update Marshmallow 6.0 ke sejumlah perangkat Nexus-nya, termasuk LG Nexus 5, Motorola Nexus 6, Asus Nexus 7 (2013), HTC Nexus 9 dan Asus Nexus Player.

Lalu bagaimana dengan seri smartphone teranyar Google — Nexus 5X dan 6P. Tenang, kedua smartphone yang resmi diluncurkan kemarin malam, Selasa (29/9/2015) memang sudah memiliki sistem operasi Marshmallow sejak pertama kali keluar dari pabrikannya.

Mengutip informasi yang dilansir laman Venture Beat, Rabu (30/9/2015), Google rupanya tidak menghadirkan Android Marshmallow ke beberapa perangkat Nexus-nya yang nyatanya masih laris di pasaran, seperti LG Nexus 4,m Asus Nexus 7 (2012) dan Samsung Nexus 10.

Pun begitu, Google tetap akan mengirim kode Android Marshmallow lewat Android Open Source Project (AOSP) di hari yang sama. Dengan kata lain, ketika perangkat Nexus lawas ini masih bisa berkesempatan di-update ke Android Marshmallow. Hanya saja pengguna harus mem-porting kode tersebut menjadi ROM untuk perangkat Nexus tersebut.

Android Marshmallow hadir dengan segudang peningkatan dibanding seri terdahulu, Android Lollipop. Fitur terbarunya yang dinanti-nanti pengguna adalah Now on Tap, yang mana mampu mengintegrasikan layanan pencarian Google dan interaksi suara menjadi satu aplikasi. Selain itu, Marshmallow juga menghadirkan fitur yang bernama Doze, yang mana bisa menghemat penggunaan baterai.

Marshmallow juga mendukung layanan Android Pay, koneksi USB Type-C di perangkat terbarunya, dan tampilan notifikasi serta interface yang lebih `terpoles` dan interaktif. Selain itu, sistem operasi ini memungkinkan Anda secara manual untuk dapat mengatur jumlah RAM yang tersedia untuk smartphone atau tablet.

Bukan itu saja, Anda juga dapat menghapus aplikasi langsung dari layar utama launcher Google Now dengan men-drag mereka ke atas/kanan layar.

(jek/dew)

Sumber : Tekno.Liputan6.com

Firman Rasyid lahir di Parepare, 18 Juni 1988. Firman yang lebih akrab dipanggil Immunk ini adalah seorang pria tertutup yang hampir tidak pernah sama sekali membagikan masalahnya kepada orang lain. Atau mungkin karena hidupnya memang tidak pernah bermasalah sama sekali (Perlu dipertanyakan). Selengkapnya tentang saya

Tinggalkan komentar