Home » Teknologi » Gadget » Android » Atasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka dengan 5 Cara Ini

Atasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka dengan 5 Cara Ini

google play store

Atasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka dengan 5 Cara Ini

Beberapa pengguna smartphone berbasis Android pernah mengalami kesulitan saat akan mengakses Google Play Store. Kendalanya bermacam-macam, mulai dari aplikasi yang crash saat dijalankan, hingga tampilan blank yang tidak kunjung memunculkan apa-apa ketika aplikasi dibuka. Permasalahan ini wajar terjadi, terutama bagi pengguna Android yang sering melakukan modifikasi pada sistem operasi mereka.

Namun, bukan berarti hal ini tidak mungkin menjadi masalah bagi Anda yang memakai ponsel dengan cara yang sewajarnya. Apa pun kendalanya, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar aplikasi Gogole Play Store yang tidak bisa dibuka, dapat kembali berjalan dengan semestinya. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Cek pengaturan ‘Tanggal dan Waktu’

Kecocokan tanggal dan waktu pada ponsel Anda sangat berarti untuk memperlancar jalannya aplikasi Google Play Store. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Google akan melakukan sinkronisasi antara ponsel Anda dan server. Bila ditemukan ketidakcocokan, walau hanya sesepele tanggal dan waktu, maka hal itu bisa menjadi kendala yang cukup berpengaruh. Jadi, coba cek pengaturan tanggal dan waktu di ponsel Anda, serta pastikan sudah benar.

Baca :   Harga HP Android LG K8

2. Cek koneksi internet

Ini adalah kesalahan paling umum. Terkadang, pengguna smartphone tidak menyadari bahwa kuota internet mereka sudah habis, hingga mereka tidak lagi bisa mengakses internet lewat ponsel. Oleh karena itu, silakan periksa ketersediaan kuota internet Anda atau gunakanlah WiFi untuk membuka Google Play Store dengan lancar.

Baca :   Harga HP Android Terbaru Sony Xperia X

3. Gunakan versi terbaru

Pernahkan Anda menyadari bahwa Google Play Store sering bermasalah pada ponsel keluaran lama? Ya, hal ini dikarenakan ponsel keluaran lama masih menggunakan Google Play Store versi lama. Apalagi bila pengguna ponsel bukanlah orang yang peka terhadap update atau pembaharuan software. Alhasil, koneksi ke server Google akan menjadi bermasalah. Jika ini terjadi, cobalah untuk melakukan update software melalui Settings atau mengunduh Google Play Store terbaru melalui perangkat Anda untuk dipasang secara manual.

4. Bersihkan Cache Google Play

Apa itu cache? Cache adalah berkas-berkas yang disimpan sebagai catatan kecil penjelajahan Anda di. Jika Anda menyadari, Google Play Store sering memberikan rekomendasi software sesuai dengan yang sering Anda cari, bukan? Itulah peran cache, yakni agar server tidak lupa apa yang Anda gemari.

Baca :   Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A5 (2016)

Selain itu, cache juga yang berperan memunculkan keyword pencarian yang pernah kamu cari. Sayangnya, cache merupakan data yang menumpuk dan terkadang menjadi terlalu besar sehingga menghambat jalannya software. Silakan hapus cache dengan mengakses Application Manager, pilih aplikasi Google Play Store, lalu klik Hapus Cache.

5. Reset Akun Google

Ini adalah cara terakhir jika empat cara sebelumnya berakhir tanpa hasil. Silakan logout dari akun gmail Anda dari smartphone melalui Settings > Account. Lalu, coba lakukan login kembali untuk memulai semua dari awal.

Itulah tadi lima cara jitu untuk membuat Google Play Store dapat berjalan kembali seperti semula. Selamat mencoba!

About Bagas Dharma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*