Home » Tips dan Cara » Teknologi » Gadget » Begini Cara Temukan Smartphone yang Hilang Lewat Google

Begini Cara Temukan Smartphone yang Hilang Lewat Google

Begini Cara Temukan Smartphone yang Hilang

Begini Cara Temukan Smartphone yang Hilang Lewat Google

Smartphone, terlepas dari mahal atau murah harganya, merupakan benda yang seharusnya kita jaga. Di banyak kesempatan, Smartphone tidak hanya soal nilai rupiahnya saja, melainkan mengenai data serta percakapan kita denga orang-orang penting yang tersimpan di dalamnya. Tak jarang kita memberikan informasi rahasia kepada orang lain melalui aplikasi chat dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kehilangan smartphone dapat dikatakan sebagai sesuatu yang berbahaya.

Namun, dengan kehadiran teknologi, kehilangan smartphone tidak perlu menjadi hal yang terlalu ditakutkan lagi. Anda bisa menemukan smartphone-mu melalui Google. Dan hebatnya lagi, sangat kecil kemungkinan Google akan gagal menemukannya. Berikut adalah cara untuk melakukannya.

Baca :   Cara Membuat HP Android Menjadi Modem Wireless
  1. Ketikkan keyword “Lost Smartphone” atau “Smartphone Lost” di kolom pencarian.cara-mencari-smartphone-hilang-di-google-7
  2. Selanjutnya, akan muncul hasil pencarian teratas yang menampilkan Google Maps, jenis smartphone-mu, serta permintaan untuk melakukan sign-in ke akun Google demi alasan keamanan.
  3. Jika gambar dan informasi di atas sudah muncul, silakan klik pada tombol sign-in untuk melakukan verifikasi akun Anda.cara-mencari-smartphone-hilang-di-google-2
  4. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman login. Masukkan alamat email serta password Anda.
  5. Setelah akun Anda terverifikasi, Anda akan dibawa kembali ke hasil pencarian Google Maps dan Anda akan melihat sebuah pin yang menunjukkan lokasi smartphone yang hilang.cara-mencari-smartphone-hilang-di-google-4
  6. Oleh karena mengetahui lokasinya saja tidak cukup, Anda akan diberikan pilihan oleh Google. Jka ponsel tersebut ternyata lokasinya dekat atau bahkan satu ruangan denganmu, maka Anda bisa memilih untuk membunyikan smartphone tersebut dan menemukannya, entah terselip di mana.
  7. Namun, apabila smartphone-mu telah hilang di tempat yang jauh dan besar kemungkinannya telah diambil oleh orang, maka Anda bisa memilih mode “Recovery”. Mode ini akan menghapus semua data di ponselmu.
Baca :   Whatsapp Jatuh Ketangan Facebook Seharga $19 Juta

Begitulah langkah-langkah untuk menemukan lokasi ponselmu yang hilang. Namun, langkah-langkah mudah ini bukanlah sebuah pembenaran untuk memperlakukan smartphone-mu sembarangan. Tetap jaga smartphone-mu dalam genggaman dan hindari meletakkannya di sembarang tempat.

Sebagai sedikit acuan, Anda sebenarnya dapat mengetahui pola kehilangan smartphone. Kehilangan yang dimaksud di sini bukanlah kehilangan akibat dicopet atau dijambret, melainkan kehilangan akibat kesalahan sendiri, yakni tertinggal. Hampir setiap orang pasti kehilangan smartphone di tempat-tempat seperti restoran, pusat perbelanjaan dan juga tempat ibadah.

Baca :   Windows Akan Segera punah, Benarkah?

Hal ini dikarenakan mereka terbiasa untuk meletakkan ponsel mereka di luar saku untuk membuat diri mereka merasa nyaman. Maka dari itu, selalu periksa sakumu setiap kali akan meninggalkan tempat-tempat tersebut.

Bila Anda menyadari bahwa smartphone Anda tidak ada di dalam saku, segera pinjam smartphone orang lain untuk mengakses Google untuk mencari lokasi smartphone Anda dengan cara di atas. Lakukan pencarian sebelum terlambat, apalagi sampai data-datamu disebar oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Selamat mencoba!

About Bagas Dharma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*