Home » Teknologi » Gadget » Android » Boros Kuota? Begini Cara Membatasi Penggunaan Data di Android

Boros Kuota? Begini Cara Membatasi Penggunaan Data di Android

menghemat paket data di android

Boros Kuota? Begini Cara Membatasi Penggunaan Data di Android (Foto: Pexels via Pixabay)

Di era internet ini, paket data menjadi sebuah kebutuhan penting yang dapat mempermudah segala menghubungkan gadget kita ke internet. Mulai dari urusan komunikasi, hiburan, hingga pekerjaan-pekerjaan lainnya menjadi lebih mudah dengan adanya paket data. Namun, bagaimana jika paket data Anda habis sebelum waktunya?

Pasti rasanya kesal. Apalagi jika terjadi di saat-saat yang mendesak. Jika kehabisan paket data, Anda pasti juga akan merasa bosan. Jalan keluarnya, Anda pun harus membeli paket internet lagi. Mahal? Relatif, karena di Indonesia harga paket data sangat bervariasi. Nah, agar hal kekesalan-kekesalan seperti itu tidak terjadi pada Anda, simak beberapa cara berikut ini sebagai langkah membatasi penggunaan data di Android.

Baca :   7 Langkah Mengganti Tema BBM di Android
  1. Masuk ke menu Settings.
  2. Setelah itu, pada bagian Wireless & Networks, pilih Data Usage. Pilihan inilah yang menjadi tempat Anda bisa mengutak-atik segala hal tentang penggunaan paket data.settingspenggunaan data
  3. Lalu akan muncul grafik dan data penunjang lain seputar penggunaan data Anda. Grafik itu akan terdiri dari penggunaan data baik oleh SIM 1, SIM 2, maupun WiFi.
  4. Silakan tentukan periode penggunaan paket data.
  5. Kemudian lihat aplikasi mana saja yang ternyata mengkonsumsi data dengan cukup besar.

Setelah mengetahui berbagai hal soal penggunaan data Anda, mulai dari grafiknya hingga aplikasi apa yang memakainya paling banyak, Anda sebenarnya bisa menggunakan semacam peringatan untuk menjadi pengingat agar tidak berlebihan dalam menggunakan data. Hal inilah yang sering dilakukan orang agar tidak kelewatan dalam menikmati paket data mereka.

Baca :   Harga HP Android Terbaru Evercoss Winner Y Ultra

Cara yang perlu dilakukan masih pada menu yang sama tadi. Lalu, Anda akan melihat adanya sebuah garis yang berada di sebelah kiri grafik. Garis itu adalah indikator jumlah data kritis di mana peringatan akan muncul apabila penggunaan data telah mencapai angka kritis tersebut. Silakan geser garis sesuai dengan jumlah data kritis yang Anda inginkan.

Ingat, bijaklah dalam menentukan kuota kritis itu. Jangan sampai karena terlalu ingin hemat, kamu menentukan kuota kritis yang terlampau kecil. Apabila ini dilakukan, kamu akan repot sendiri nantinya. Namun, jangan pula serakah dan menentukan kuota kritis yang besar. Dengan begitu, kamu akan tetap lupa diri dan akan sama saja dengan tidak menggunakan warning atau peringatan sama sekali.

Baca :   Cara Mengembalikan Akun Pokemon GO Terkena Soft Banned

Selain memberikan warning, Android ternyata dapat mematikan paket data apabila pemakaiannya telah melebihi kuota kritis. Fitur ini dapat diakses melalui Set Cellular Data Limit. Lalu akan muncul jendela yang mengatakan bahwa ketika penggunaan data telah melebihi limit, maka Android akan mematikan paket data tersebut.

Begitulah cara yang bisa Anda lakukan untuk membatasi penggunaan paket data di Android. Ingat, sebenarnya yang perlu dilakukan adalah disiplin dari diri Anda sendiri. Sementara itu, fitur ini hanya membantu sebagai pengingat saja. Selamat mencoba!

About Bagas Dharma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*