Cara Membuat Partisi Pada SD Card Di Android Tanpa PC

Posted on

Terkadang cara membuat partisi pada SD Card di android tanpa PC ini cukup dibutuhkan bagi sebagian orang yang menggunakan perangkat android dengan memori internal cukup kecil. Dan dengan membagi memori eksternal dan menjadikan prtisinya sebagai memori cadangan internalnya membuat kapasitas penyimpanan internal di perangkat tersebut menjadi lebih luas.

Dan bahkan cara partisi ini bisa meringankan beban RAM pada perangkat anda, meski memang tidak akan bisa menambah banyak namun dirasa sudah cukup baik untuk bisa lebih bertahan dibanding tidak sama sekali. Namun peru kami ingatkan sebelumnya, trik ini menggunaan aplikasi pihak ketiga yang memang tidak compatible dengan semua perangkat. Dengan begitu belum bisa menjamin cara membuat partisi pada SD Card di Android tanpa PC ini bekerja di perangkat anda.

Cara Membuat Partisi Pada SD Card Di Android Tanpa PC

Cara Membuat Partisi Pada SD Card Di Android Tanpa PC Dengan Mudah

Langkah awal yang harus anda lakukan dalam mempersiapkan segalanya, pasalnya aplikasi ini bisa berjalan diperangkat yang sudah di root. Anda bisa melihat cara root android dengan mudah di artikel sebelumnya yang sudah pernah kami ulas. Setelah itu, pasangkan aplikasi Android Partition Aparted yang bisa anda dapatkan dari Play Store. Namun perlu anda ketahui SD Card ideal untuk dipartisi adalah SD Card dengan Class 10 dengan kapasitas minimal 4GB.

Cara Membuat Partisi Pada SD Card Di Android Tanpa PC

Jika semua sudah disiapkan, anda bisa memulai menghapus data yang ada di SD card tersebut dengan cara masuk ke pengaturan, lalu pilih ke penyimpanan atau storage kemudian klik erase external storage. Bagi SD card yang memiliki banyak data penting akan lebih baik untuk memback upnya terlebih dahulu. Kemudian Unmount External Storage untuk melepas konektivitas dengan perangkat android.

Buka aplikasi Android Partition Aparted, dan pilih Create, lalu klik icon [+] untuk menambah partisi yang dibutuhkan. Dengan catatan, kode FAT32 adalah memori penyimpanan eksternal anda, EXT2 adalah penambahan memori internal, dan Swap merupakan system linux Virtual RAM yang berguna untuk meleluasakan RAM anda. kapasitas umum atau ideal yang bisa anda gunakan dalam settingan tersebut adalah 80% untuk FAT32 pasalnya hal tersebut digunakan untuk menyimpan Video, foto dan berkas lainnya.

Cara Membuat Partisi Pada SD Card Di Android Tanpa PC

Sedangkan untuk EXT2 bisa digunakan sisanya, namun sisakan sekitar 100MB untuk format terakhir yakni Swap. Meski anda menginginkan RAM yang lebih besar dirasa tidak terlalu berpengaruh karena RAM disini hanyalah bersifat Virtual. Banyak yang menganjurkan untuk pengisian format partisi Swap ini hanya hingga 100MB-500MB saja. Yang jika dipersentasikan menjadi 80% untuk FAT32, 17% untuk EXT2, 3% untuk SWAP.

Cara Membuat Partisi Pada SD Card Di Android Tanpa PC

Dan klik terapkan perubahan atau apply untuk memproses partisi tersebut, dan setelah selesai, Reboot perangkat android anda. Demikianlah ulasan cara membuat partisi pada SD Card di perangkat Android tanpa PC yang bisa kami hadirkan, semoga bermanfaat.

Baca juga :   Belajar Menggunakan Cloud Agar Usaha Sukses

Tinggalkan komentar