Home » Teknologi » Gadget » Android » Hemat Penyimpanan dengan Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card

Hemat Penyimpanan dengan Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card

memindahkan aplikasi ke sd card

Hemat Penyimpanan dengan Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card

Android memang menyediakan banyak macam aplikasi yang bisa dipasang secara gratis ke perangkat smartphone Anda. Akan tetapi, apada daya jika ternyata memori internal smartphone Anda ternyata tidak mencukupi lagi.

Hal inilah yang sering menjadi kendala bagi banyak orang. Akhirnya, Anda pun memutuskan untuk memindahkan beberapa aplikasi ke SD Card. Sayangnya, cara memindahkannya memang sedikit rumit. Android sendiri sebenarnya menyediakan fasilitas pemindahan ini melalui menu Move to SD Card. Namun, tidak semua aplikasi diijinkan untuk dipindahkan ke SD Card.

Nah, jika Anda masih belum paham mengenai cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card, berikut ini penjelasan langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Lalu, pilih Aplikasi.
    Gambar: tekno.liputan6.com

    Gambar: tekno.liputan6.com

  3. Kemudian, carilah aplikasi yang ingin dipindahkan ke SD Card. Buka aplikasi tersebut dan pilih Move to SD Card.
    Gambar: tekno.liputan6.com

    Gambar: tekno.liputan6.com

Menggunakan Link2SD

Begitulah langkah sederhananya. Maka, aplikasi akan langsung berpindah ke SD Card dari memori internal. Tapi seperti yang telah disampaikan tadi, tidak semua aplikasi bisa dipindahkan. Pada beberapa aplikasi, tombol Move to SD Card biasanya tidak aktif. Jika itu terjadi, maka gunakanlah aplikasi pihak ketiga untuk membantu proses pemindahan bernama Link2SD. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Berikut langkah-langkah penggunaannya.

Baca :   Spesifikasi, Harga dan Fitur Laptop Lenovo G40-80 80E4
Gambar: www.jurnalponsel.com

Gambar: www.jurnalponsel.com

  1. Download dan instal Link2SD.
  2. Perlu diketahui bahwa untuk menggunakan aplikasi ini, perangkat Android harus dalam keadaan root. Jika Anda belum tahu apa itu root dan bagaimana cara root, silakan cari tutorialnya di Google. Yang jelas, root adalah sebuah ijin akses penuh yang akan kita dapatkan untuk melakukan berbagai hal, termasuk pemindahan aplikasi.
  3. Selain itu, pastikan juga SD Card telah dipartisi. Yang dimaksud partisi ini adalah pembagian SD Card menjadi beberapa bagian layaknya memori komputer. Silakan Googling untuk informasi lebih lanjut atau gunakan aplikasi Partition Wizard untuk mempartisi SD Card.
  4. Saat pertama kali digunakan, akan muncul pilihan file system partisi kedua dari Micro SD, silakan pilih jenis partisi yang sesuai dengan yang kamu pilih pada proses partisi sebelumnya.
  5. Setelah itu, Anda akan diminta untuk me-restart perangkat Android. Setelah restart, buka kembali aplikasi Link2SD.
  6. Anda akan diminta untuk memilih aplikasi-aplikasi yang ingin dipindahkan. Silakan pilih sesuaikan dengan kapastias Micro SD Card.
  7. Jika sudah selesai, sentuhlah softkey dan tap pada Create Link. Pastikan setelah itu kamu mencentang ketiga pilihan yang ada. Kemudian, pilih OK.
  8. Tunggulah hingga proses pemindahan selesai.
Baca :   Cara Mudah Menghentikan Auto Update Aplikasi Di Android

Begitulah langkah untuk memindahkan aplikasi Android ke SD card dari memori internal. Dengan memindahkan aplikasi-aplikasi tersebut, Anda dapat menggunakan memori internal untuk berbagai aplikasi baru lainnya atau untuk keperluan menyimpan file-file yang berguna seperti foto, pesan, dan lain-lain dengan lebih leluasa.

Baca :   Spesifikasi dan Harga HP Android Terbaru Advan i55

About Bagas Dharma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*