Home » Teknologi » HP Kalahkan Lenovo di Sektor PC

HP Kalahkan Lenovo di Sektor PC

Baru-baru ini, HP Inc. berhasil mengalahkan Lenovo di sektor PC. Padahal, Lenovo sempat jadi produsen PC nomor satu di dunia pada kuartal 2 kedua tahun 2017. Hal yang dilakukan HP ini sekaligus mematahkan rekor Lenovo yang selama 4 tahun berturut-turut memimpin pangsa pasar PC sedunia. Dilansir dari salah Kompas Tekno, HP berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 20,8 persen, sementara itu Lenovo tertinggal tipis di angka 19,9 persen.

Ini terlihat dari jumlah pengiriman PC yang dilakukan oleh kedua produsen. HP berhasil meningkatkan pengiriman PC lebih cepat dibandingkan sang kompetitor. Peningkatan pengiriman ini mencapai angka 3,3 persen atau tepatnya sebesar 12,7 juta unit. Selain itu, dari 5 kuartal yang lalu, pertumbuhan PC garapan HP dari tahun ke tahun juga dapat dikatakan membaik.

Baca juga :   Robot Sudah Hampir Menguasai Bumi!

“Menjadi penguasa pangsa pasar sebenarnya bukanlah tujuan kami. Hal yang kami kejar sebenarnya adalah untuk fokus ke segmen yang lebih menjanjikan, yakni gaming dan laptop konvertibel,” kata Ron Coughlin, President Global Personel System HP Inc.

Dari sisi kompetitor, Lenovo, pengiriman PC justru mengalami penurunan sebesar 8,4 persen pada kuartal ini. Menurut para pengamat, turunnya minat terhadap Lenovo tidak lain disebabkan oleh tingginya harga komponen yang semakin tinggi. Hal ini menjadi penyebab turunnya penjualan Lenovo di pasar PC. Bahkan pada kuartal sebelumnya, pangsa pasar Lenovo dan HP memang sudah hampir setara.

Baca juga :   Assassin's Creed Syndicate Lebih Baik Dari GTA V?

Meski tampak mengendur, Lenovo tidak tinggal diam. Juru bicara Lenovo sendiri mengatakan bahwa bisnis PC mereka tetap merupakan sektor yang menjanjikan dan dapat terus dipertahankan. Ia mengatakan bahwa bisnis tersebut masih memberikan profit yang dapat dikategorikan sehat. Pangsa pasar untuk sektor PC dari Lenovo pun dikatakan masih stabil dan dapat dipertahankan.

Baca juga :   Cara Membuat Partisi Pada SD Card Di Android Tanpa PC

Selain bicara soal kelayakan bisnis PC besutan Lenovo, sang juru bicara juga juga mengungkapkan mengenai sektor apa saja yang akan menjadi fokus perusahaan teknologi asal Tiongkok itu. Ternyata, sektor yang diincar oleh Lenovo saat ini adalah hal yang serupa dengan yang dikatakan Coughlin dari HP, yakni pada segmen gaming dan perangkat bongkar-pasang atau konvertibel.

About Bagas Dharma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*