Home » Teknologi » Internet » Sosial Media » Sebelum Indonesia, 5 Negara Ini Lebih Dulu Larang Media Sosial

Sebelum Indonesia, 5 Negara Ini Lebih Dulu Larang Media Sosial

media sosial

Sebelum Indonesia, 5 Negara Ini Lebih Dulu Larang Media Sosial

Pemblokiran aplikasi perpesanan instan Telegram oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia sempat menjadi bahan perbincangan yang cukup hangat beberapa waktu lalu. Pasalnya, pemblokiran tersebut dilakukan karena pemerintah menilai aplikasi tersebut telah menjadi jalur komunikasi kelompok radikal, yang berujung pada berbagai aksi terorisme di Indonesia.

Namun selain Indonesia, ternyata lima negara ini telah lebih dulu melarang masyarakatnya mengakses beberapa media sosial. Negara mana saja?

1. Korea Utara

Korea Utara selama ini dikenal sebagai negara komunis yang memang cenderung membatasi berbagai akses warga masyarakatnya pada dunia luar, terutama dari saudaranya sendiri Korea Selatan. Pembatasan pun juga mencakup akses internet. Korea Utara sendiri diketahui telah memblokir situs-situs ternama seperti Facebook, Twitter, Youtube, serta berbagai situs yang berasal dari Korea Selatan.

Baca :   Jumlah Pengguna WeChat Tiap Bulannya Semakin Meningkat

2. Mesir

Mesir telah memblokir penyedia jasa internet Free Basics yang dikeluarkan oleh Facebook pada tahun 2015 lalu. Pemblokiran ini dilakukan oleh pemerintah Mesir, lantara penyedia jasa tersebut menolak akses dari pihak pemerintah.

3. Rusia

Pada 4 Mei 2017, Rusia resmi memblokir aplikasi perpesanan instan WeChat asal Tiongkok. Pemblokiran ini dilakukan lantara adanya aturan hukum registrasi di negara itu. Sebelum WeChat, pemerintah Rusia juga sudah memblokir media sosial LinkedIn satu tahun sebelumnya, karena dianggap melanggar ketentuan yang menyatakan bahwa data harus tersimpan di server lokal.

Baca :   Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Download Di Play Store

4. Tiongkok

Pemerintah Tiongkok juga terkenal sangat royal dalam pemblokiran situs-situs internet. Setelah memblokir berbagai media sosial ternama seperti Facebook, Snapchat, serta Pinterest, pemerintah Tiongkok baru-baru ini juga diketahui memblokir penayangan film asal luar negeri.

5. Beberapa Negara Afrika

Pemblokiran di beberapa negara di Afrika memang tidak berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, pemblokiran media sosial di Afrika hanya berlangsung selama musim pemilu saja. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tidak pencegahan terhadap penyebaran informasi palsu terkait hasil pemilu dan mencegah adanya konflik. Namun, banyak pihak menduga bahwa aksi ini dilakukan untuk mengurangi tingkat pengawasan publik terhadap hasil pemilu.

Baca :   Dampak Positif dan Negatif Bermain Pokemon GO

Itulah tadi lima negara yang pernah dan telah memblokir akses pada berbagai media sosial sebelum Indonesia. Selain Telegram, suatu saat nanti di Indonesia mungkin juga akan terjadi pemblokiran pada media sosial lainnya.

About Bagas Dharma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*