Home » Teknologi » Gadget » Solusi Jitu Bila iOS Terinfeksi Malware

Solusi Jitu Bila iOS Terinfeksi Malware

iOS Terinfeksi Malware

Solusi Jitu Bila iOS Terinfeksi Malware

Apple memang dikenal memiliki sistem keamanan yang tinggi pada perangkat besutan mereka. Tak heran, banyak pengguna produk Apple seperti iPhone atau iPad terkadang merasa kesulitan dalam melakukan transfer data karena keamanannya yang sangat ketat.

Selain itu, pengguna Apple juga dilarang mengakses direktori file di dalam perangkat penyimpanan. Alhasil, pengguna Apple secara langsung dilarang mengunduh aplikasi pihak ketiga tanpa seijin keamanan sistem.

Tapi meski telah dibuat sangat ketat seperti itu, masih banyak pengguna Apple yang nakal dan ingin merasakan kebebasan dalam menggunakan perangkat mereka. Hal inilah yang mendasari adanya metode jailbreak, yakni metode untuk membuka sistem keamanan Apple. Di Android, biasanya disebut dengan root.

Cara ini ternyata cukup beresiko karena membukakan jalan bagi peretas alias hacker. Jadi, tingkat keamanan Apple yang sangat tinggi ternyata tidak menjamin produk mereka terbebas dari virus atau malware.

Baca :   Cara Setting Android Untuk Pengguna Tangan Kidal

Saat ini, banyak pengguna iPhone dan iPad atau produk berbasis iOS lainnya, mengeluhkan perangkat mereka terinfeksi oleh malware yang mengganggu kinerja perangkat. Jika sudah begini keadaannya, apa yang bisa dilakukan? Cara termudah sebenarnya adalah dengan mengunjungi Service Center Apple. Namun, ada hal yang bisa Anda lakukan sendiri untuk menyelamatkan gadget Anda.

Berikut solusi mengatasi iOS yang terkena malware.

1. Mendeteksi Sumber Malware

Ada beberapa gejala yang muncul saat sebuah perangkat Apple terinfeksi malware. Gejala-gejala tersebut adalah sebagai berikut:

Penggunaan data berlebihan

Tanpa disadari, malware dapat menghabiskan kuota internet Anda melalui pengunduhan yang tidak terlihat.

Baca :   Harga HP Android Terbaru Advan Barca Hifi M6

Aplikasi sering crash

Ponsel yang sudah terinfeksi malware biasanya akan memiliki sistem yang buruk. Akhirnya, banyak aplikasi yang tidak bisa berjalan semestinya atau crash.

Iklan Pop-Up

Coba buka browser Anda dan lihat apakah ada iklan-iklan aneh yang muncul hampir di setiap website yang Anda buka. Jika ada, berarti perangkatmu sudah terinfeksi malware. Bahkan tidak menutup kemungkinan iklan itu akan muncul saat Anda tidak sedang membuka browser.

2. Cara Mengatasi Malware

Khusus untuk malware berupa iklan pop-up di browser, cara mengatasinya adalah dengan membuka menu Setting > Safari > Clear History and Website Data, lalu tap Clear History and Data.

3. Cara Menghapus Virus

Cara untuk menghapus virus di iOS hanya ada satu, yakni melakukan Factory Reset. Langkah ini akan menghapus semua data termasuk file-file aneh yang merupakan virus atau malware pada perangkat Anda. Namun, jangan lupa untuk menyiapkan backup file penting sebelum melakukannya.

Baca :   Penyebab Kuota Internet Smartphone Cepat Habis

Itulah langkah-langkah yang dapat menjadi solusi apabila iOS Anda terkena virus atau malware. Maka berhati-hatilah dalam menggunakan iOS dan jangan pernah melakukan jailbreak atau semacamnya kecuali Anda tahu resikonya.

Pasalnya jika Anda tidak melakukan pembukaan sistem keamanan atau jailbreak serta patuh terhadap semua aturan pemakaian dari Apple, Anda  tidak perlu khawatir dengan malware. Hal ini dikarenakan Apple yang selalu berusaha menutupi “lubang” pada sistem keamanan OS mereka dan meluncurkan update untuk menambal lubang tersebut. Oleh karena itu, rutinlah untuk men-gupdate iOS di perangkat Anda.

About Bagas Dharma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*