Tahu Gak, Puntung Rokok Bisa Jadi Baterai Smartphone Loh!

Posted on

Beberapa ilmuwan yang berasal dari Negara fashion yaitu Korea Selatan telah melakukan penelitian dan penemuan terbaru mengenai puntung rokok. Mereka mengkonversi puntung bekas rokok menjadi bahan yang  memiliki kinerja tinggi yang dapat diintegrasikan ke dalam perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, kendaraan listrik dan turbin angin untuk menghasilkan dan menyimpan energi.

Baca juga :   Cara Mengisi Baterai Smartphone Dengan Cepat

Para peneliti ini telah menunjukkan fungsi material dari puntung rokok yang lebih unggul dibandingkan dengan material karbon, graphene dan karbon nanotube yang kini telah banyak tersedia secara komersial. Semua berharap material ini dapat digunakan untuk melapisi elektroda dari super kapasitor komponen elektrokimia yang mampu menyimpan daya dalam jumlah yang sangat besar energi listrik. Dan, tentu di sisi lain juga menawarkan solusi untuk masalah polusi lingkungan yang membesar, berkat sisa-sisa dari filter puntung rokok ini.Tahu Gak, Puntung Rokok Bisa Jadi Baterai Smartphone Loh 1 oleh rumah onlineTelah diperkirakan bahwa sebanyak 5,6 triliun puntung bekas dari rokok atau 766.571 metrik ton tertanam ke dalam tanah di seluruh dunia setiap tahunnya. Dalam studi mereka, para peneliti ini menunjukkan bahwa serat selulosa asetat yang sebagian besar menjadi bahan utama dalam pembuatan filter rokok bisa berubah menjadi bahan karbon dengan menggunakan teknik pembakaran sederhana yang disebut sebagai pirolisis dan hanya cara ini membutuhkan satu langkah.

Sebagai hasil dari proses pembakaran sederhana ini, bahan berbasis karbon yang telah dihasilkan tersebut akan berisi sejumlah pori-pori, dan meningkatkan fungsi dan kinerjanya sebagai bahan kapasitif super. “Bahan kapasitor yang memiliki performa super tinggi harus memiliki area permukaan yang cukup besar, yang dapat dengan mudah dicapai dengan memasukkan beberapa besar pori-pori kecil ke dalam bahan tersebut,” kata Profesor Jongheop Yi dari Seoul National University.

“Penelitian kami telah menunjukkan bahwa filter dari bekas puntung rokok dapat diubah menjadi bahan berbasis karbon yang memiliki performa tinggi, dengan menggunakan proses dengan hanya satu langkah sederhana, dan sekaligus menawarkan solusi lingkungan hijau untuk memenuhi kebutuhan energi di mata masyarakat. Banyak negara yang kini sedang mengembangkan peraturan yang ketat untuk menghindari triliunan filter dari bekas puntung rokok yang beracun ini, dan tidak bisa diurai oleh alam, yang telah dibuang sembarangan ke lingkungan setiap tahunnya. Metode kami ini adalah salah satu cara paling efektif dan menguntungkan untuk mencapai tujuan tersebut.”

Apakah Anda tertarik untuk melihat bagaimana jika puntung rokok Anda akan menjadi material untuk membuat baterai smartphone dan perangkat gadget lainnya di masa depan? Jika memang memungkinkan. Tentu bisa menjadi solusi yang menguntungkan bagi beberapa produsen dan juga lingkungan hidup disekitar kita.

Firman Rasyid lahir di Parepare, 18 Juni 1988. Firman yang lebih akrab dipanggil Immunk ini adalah seorang pria tertutup yang hampir tidak pernah sama sekali membagikan masalahnya kepada orang lain. Atau mungkin karena hidupnya memang tidak pernah bermasalah sama sekali (Perlu dipertanyakan). Selengkapnya tentang saya

Tinggalkan komentar