Begini Caranya Mengirim Dokumen via WhatsApp

Posted on

Begini Caranya Mengirim Dokumen via WhatsApp

Selama ini pengguna WhatsApp hanya bisa bertukar kontak, video, foto maupun lokasi di dalam aplikasi. Sekarang kemampuan tersebut sudah ditambah dengan fitur berkirim dokumen.

Secara resmi WhatsApp belum mengumumkan kehadiran fitur berkirim dokumen, namun menurut pantauan tim rumahonlineku, pada Rabu malam (02/03/2016) pengguna di Indonesia sudah dapat menggunakan fitur baru tersebut.

Untuk versi yang sekarang, pengiriman dokumen di WhatsApp hanya mendukung format dokumen pdf. Untuk kedepannya, menurut Techcrunch format dokumen lain juga bisa dikirimkan via WhatsApp.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna bisa meng update WhatsApp yang ada di Smartphon nya melalui toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store. Untuk saat ini fitur pengiriman dokumen melalui WhatsApp baru tersedia untuk Smartphone Android dan iOS saja.

Cara Mengirim Dokumen Melalui WhatsApp

Untuk pengguna yang menggunakan smartphone Android dapat menggunakan fitur ini dengan menekan gambar klip penjepit kertas di pojok kanan atas di samping ikon titik tiga.

Setelah ikon klip ditekan, maka akan muncul format – format file yang dapat dikirim melalui WhatsApp. Ikon klip kertas menandakan file yang dapat disisipkan pada pesan WhatsApp.

Pilihan berbagi dokumen berada pada sisi kiri atas.

berbagi dokumen whatsapp pada android
berbagi dokumen whatsapp pada android

Setelah memilih ikon berbagi dokumen, pengguna bisa memilih dokumen mana yang akan dikirimkan. Pengguna akan diarahkan ke dalam penyimpanan smarthone untuk memilih file pdf yang akan dibagikan.

Pada tahap ini jika pengguna belum memperbarui aplikasi ke versi yang terbaru makan akan ada peringatan dan pengiriman dokumen tidak bisa dilakukan.

berbagi dokumen whatsapp pada iOS
berbagi dokumen whatsapp pada iOS

Untuk pengguna yang menggunakan WhatsApp versi iOS, pengiriman dokumen lebih mudah. Pengguna tinggal menekan ikon di penggir layar kemudian muncul pilihan menu yang salah satunya “share dokumen”. Kemudian dari menu tersebut pengguna bisa memilih dokumen mana yang akan di bagikan.

Ketika sudah melalui tahap pemilihan dokumen baik di Android maupun di iOS, pengguna akan mendapatkan petinjau dokumen berupa jumlah halaman, tipe file dan ukuran untuk memudahkan identifikasi.

Baca juga :   Cara Membuat CCTV Menggunakan HP Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *