Cara Merawat Kulit Agar Tetap Terlihat Muda

Posted on

cara merawat kulit agar tampak mudaKulit yang kencang dan tampak muda tidak boleh dilepaskan dari protein bernama kolagen. Dari sinilah kulit ditentukan berkaitan elastisitasnya. Semakin banyak pengeluaran kolagen, kulit terasa makin kencang. Sebaliknya kalau ada faktor yang membuat pengeluaran kolagen berkurangan, tanda penuaan dini mulai terlihat.

Dipetik dari laman Times of India, ada berbagai cara untuk mempertahankan kolagen di kulit anda. Berikut cara yang terbaik:

1. Menyukupi pengambilan vitamin C.

Vitamin C berguna untuk pembentukan kolagen. Dengan vitamin ini, asam amino bisa bekerja membentuk protein. Usahakan memperoleh vitamin C dari cara alami misalnya dengan mengambil brokoli, cili, kubis, tomato, kiwi, dan sebagainya.

2. Jangan merokok.

Baik menjadi perokok aktif dan pasif, bisa mendorong efek penuaan dini secara cepat. Racun rokok memicu terbentuknya enzim matrix metalloproteinase yang akan merusak kolagen di kulit.

3. Hindari sering terkena sinar matahari.

Sinar ultraviolet matahari yang terlalu lama akan membakar kulit dan merusak kolagen. UVA, terutamanya, bisa menembus hingga jauh ke dalam kulit dan merusak struktur pendukung pengeluaran kolagen. Pakai tabir surya kalau berpergian ke luar.

4. Jauhi makanan manis.

Berlebihan gula pada tubuh menyebabkan penuaan dini. Gula dalam darah melekat pada lipid, asid nukleik, dan protein terutamanya kolagen, lalu membentuk produk akhir glycation lanjutan yang menyebabkan kulit keriput.

5. Penggunaan makanan kaya antioksidan.

Misalnya oren, teh hijau, sayur-sayuran hijau, brokoli, tembikai, dan sebagainya yang mempunyai antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan.

6. Pijatan member kesan pada pengeluaran kolagen.

Pemijatan turut membantu merangsang kelenjar untuk memromosikan kulit yang lebih kencang.

Baca juga :   Cara Atasi Dan Merawat Wajah Kusam Bagi Pria Aktif
Firman Rasyid lahir di Parepare, 18 Juni 1988. Firman yang lebih akrab dipanggil Immunk ini adalah seorang pria tertutup yang hampir tidak pernah sama sekali membagikan masalahnya kepada orang lain. Atau mungkin karena hidupnya memang tidak pernah bermasalah sama sekali (Perlu dipertanyakan). Selengkapnya tentang saya