Home » Tips dan Cara » Teknologi » Gadget » 3 Tips Mengatasi Baterai iPhone yang Boros

3 Tips Mengatasi Baterai iPhone yang Boros

baterai iphone

3 Tips Mengatasi Baterai iPhone yang Boros (Foto: iPhone Life)

Pernahkah Anda menyadari bahwa baterai iPhone Anda mulai boros? Jangan cemas, karena hal ini memang biasa terjadi. Penyebabnya sangat beragam. Tapi biasanya akibat pemakaian yang cenderung tidak wajar. Waktu yang biasanya membuat iPhone menjadi semakin boros dalam hal pemakaian daya baterai biasanya kurang dari setahun. Nah, apabila Anda baru memakai iPhone dalam beberapa bulan saja dan terjadi masalah tersebut, sebaiknya Anda mulai memperhatikan apa penyebabnya dan mencari solusi.

Cara termudah untuk mengetahui ketahanan baterai iPhone adalah dengan memperhatikan lama proses pengisian daya dan lamanya baterai kembali ke keadaan hampir kosong. Apabila terdapat suatu kejanggalan, maka sebaiknya lakukanlah beberapa tips berikut agar ketahanan baterai iPhone Anda kembali normal lagi.

Baca :   Cara Cepat Mendapatkan Uang Dari WHAFF Rewards

1. Kurangi Jumlah Widget Lock Screen

Widget yang diletakkan pada Lock Screen memang dapat mempermudah Anda untuk melakukan banyak hal. Apalagi, saat ini sudah banyak widget yang tersedia mulai dari widget social media, hingga widget-widget lainnya.

Penggunaan widget ini ternyata dapat meningkatkan konsumsi daya baterai. Perlu diingat bahwa widget, walau tergolong ringan, merupakan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Oleh karena itu, pengoperasian widget akan menguras baterai dengan cukup signifikan.

Jadi demi alasan penghematan baterai, cobalah untuk memilah-milah widget mana yang perlu digunakan dan mana yang tidak. Kurangilah jumlah widget di Lock Screen agar konsumsi baterai menjadi lebih sedikit.

Baca :   Cara Menghilangkan Iklan Di Android Tanpa Root

2. Matikan Aplikasi Latar Belakang

Aplikasi latar belakang adalah semua aplikasi yang berjalan tanpa terlihat. Biasanya aplikasi latar belakang ini berjalan karena kita tidak menutupnya dengan benar ketika selesai menggunakannya. Akibatnya, aplikasi ini akan terus berjalan walau tidak digunakan.

mematikan aplikasi latar belakang iphone

Cara untuk mematikan aplikasi latar belakang pada iPhone sangatlah mudah. Selain itu, fitur tersebut memang sudah disediakan iPhone. Cara untuk mematikan aplikasi latar belakang adalah dengan mengakses Settings > General > Background App Refresh > Geser tombol Background App Refresh ke kiri.

3. Gunakan Mode Low Power

Mode Low Power adalah sebuah mode di mana ponsel akan di-setting agar menggunakan sedikit daya dengan kompensasi berupa penonaktifan aplikasi latar belakang, update email, efek visual, dan pengunduhan update otomatis. Selain itu, kecerahan layar juga akan dikurangi. Cara untuk mengaktifkan mode Low Power ini adalah melalui menu Settings > Battery > Geser tombol Low Power Mode ke kanan.

Baca :   Trik Unik Mengorganisir Kabel Earphones Smartphone

mengaktifkan low power iphone

Itulah tiga tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat ketahanan baterai iPhone Anda bagus lagi. Bila ketiga cara tersebut ternyata tidak terlalu berpengaruh, mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk mengganti baterai baru. Ingat, baterai yang boros akan membuat iPhone Anda mati di saat yang tidak tepat dan tanpa Anda sadari. Jika hal ini sering terjadi, bukan tidak mungkin nantinya mesin ponsel juga akan rusak.

About Bagas Dharma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*