Android One Lollipop Murah Akhirnya Masuk Indonesia

Posted on

Tahun lalu, Google mengeluarkan sebuah standard baru untuk Smartphone murah yang dinamakan Android One. Google sendiri yang menentukan spesifikasi perangkat yang dipakai di dalamnya sehingga dengan mudah dapat melakukan update sistem operasi pada setiap Smartphone yang keluar di setiap negara. Tujuan utama dari standard Android One sendiri adalah untuk memberikan sebuah Smartphone yang mempunyai pengalaman Android sebenarnya. Dengan kata lain, Smartphone tersebut harus nyaman dipakai dan murah.

Baca juga :   Review Spesifikasi Dan Harga April 2015 Smartphone Oppo

Setelah India, Indonesia adalah negara kedua yang dilantik oleh Google untuk permulaan Android One. Untuk itu, Google mengundang Mito, Evercoss, dan Nexian sebagai tiga pengeluar pertama dalam negeri yang ikut dalam program ini. Untuk membuat Smartphone Android One lebih menarik, Google mengenakan hal yang sama dengan jajaran Nexus-nya: memberikan update sistem operasi terbaru hingga 2 tahun dari pelancaran pertama pada bulan September 2014 lalu di India.

Smartphone Android One yang ada di Indonesia sudah dipasang sistem operasi Android paling baru, yaitu Lollipop 5.1 yang ternyata pertama kali diluncarkan di Indonesia. Saat pelancaran perdana di India, Smartphone Android One baru dipasang Kitkat 4.4.4 dan update Lollipop 5.0.2 pun telah dilancarkan di negara tersebut. Oleh kerana itu, Smartphone Android One sendiri juga telah mendapat sekurang-kurangnya 3 update sistem operasi dalam 5 bulan terakhir. Tentunya, tidak tertutup kemungkinan update baru akan keluar pada saat Google I / O yang akan diadakan beberapa bulan lagi. Android M mungkin? Kita tunggu saja.Android One Lollipop Murah Akhirnya Masuk Indonesia 1

Keunikan lain yang dimiliki oleh Smartphone Android One yang beredar di Indonesia adalah storage dalamannya yang diubah dari 4 GB saja menjadi 8 GB. Saat pertama kali dinyalakan, Smartphone ini akan mempunyai ruang untuk dipakai di atas 5 GB yang hanya terdiri dari satu petak saja. Selain itu, dengan pengurusan RAM yang bergaya, membuat Android One akan lebih sukar untuk kehabisan RAM. Sebagai contoh, kami melakukan pemasangan terhadap empat aplikasi media sosial dan tiga aplikasi chat yang sering dipakai di Indonesia. Sisa RAM? 380MB saja!Android One Lollipop Murah Akhirnya Masuk Indonesia oleh rumah onlineku

Malangnya, ada beberapa perkara yang menjadi kekurangan dari Smartphone Android One ini. Pertama adalah bergantung pada microSD. Tanpa kartu kecil tersebut, pengguna tidak dapat melakukan penyimpanan data termasuk hasil foto dari kamera bawaan (UPDATE: Saat ini sudah dapat menyimpan hasil foto kamera bawaan pada memori internal, video, musik, Youtube Offline, dan lain sebagainya). Lollipop 5.1 sendiri, kerana baru, tidak lepas dari bug dan glitch. Sekurang-kurangnya kami sering mendapatkan crash dan harus mencari work around saat ingin mengunakan salah satu set-nya. Lalu, Android One juga tidak disokong kemudahan USB OTG.

Harga yang ditawarkan untuk Smartphone Android One memang sangat menarik. Saat pre-order, ketiga pengeluar menawarkan produknya dengan harga Rp. 999.000. Bahkan Mito Impact sempat ada pada kedudukan harga Rp. 699.000. Boleh jadi, ini adalah awal sebuah standard Smartphone Android murah untuk masa depan.

Untuk ketiga smartphone-nya sendiri, saat ini kami telah memegang perangkat dari Mito, Evercoss, dan Nexian. Nexian Journey One dan Evercoss One X mempunyai reka bentuk yang kurang lebih mirip, sedangkan Mito Impact yang berbeda sendiri. Selain reka bentuk, ketiga pengeluar tersebut juga menawarkan bonus-bonus yang berbeda. Seperti Nexian yang menawarkan beberapa fitur berbeda bergantung di mana anda membelinya.

Ketiga Smartphone Android One menggunakan SoC MediaTek MT6582 dengan pemproses quad core Cortex A7 kelajuan 1.3 GHz dan GPU Mali 400MP2. RAM yang dipasang mempunyai kapasiti 1 GB serta storage dalamannya sebanyak 8 GB. Dengan pergantungan microSD, tentu saja sebuah slot tersedia di dalamnya. Layar yang dipasang sudah menggunakan jenis IPS dengan resolusi 854 × 480. Baterai standard untuk Android One adalah 1700 mAh.

Seperti inilah paket jualan dari ketiga Smartphone Android One. Secara urut, kami letakkan menjadi Mito, Evercoss, dan Nexian.

Di dalam paket penjualan tersebut akan didapati kelengkapan seperti berikut ini:
Charger
Kabel USB
Earphone
Manual dan GaransiAndroid One Lollipop Murah Akhirnya Masuk Indonesia oleh rumah onlineku 1

Dan bonus yang berbeda untuk setiap Smartphone adalah
Android One – Mito – Anti Gores
Mito – Anti Gores
Android One – Evercoss – Flip Case
Evercoss – Flip Case
Nexian – microSD

Ada kemungkinan setiap produsen menambah bonus yang mereka berikan diluar paket penjualannya.

Firman Rasyid lahir di Parepare, 18 Juni 1988. Firman yang lebih akrab dipanggil Immunk ini adalah seorang pria tertutup yang hampir tidak pernah sama sekali membagikan masalahnya kepada orang lain. Atau mungkin karena hidupnya memang tidak pernah bermasalah sama sekali (Perlu dipertanyakan). Selengkapnya tentang saya

Tinggalkan komentar