Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Posted on

Smartphone yang memiliki sistem operasi berbasis Android saat ini memang tengah menjamur dikalangan masyarakat. Target pasar untuk smartphone ini memang berbeda – beda dan tidak mengenal usia tentunya. Kehadiran smartphone berbasis Android ini juga ternyata menjadi salah satu pendukung yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan Anda. Smartphon memang memiliki kemampuan yang bisa dikatakan setara dengan sebuah laptop.

Baca juga :   Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Terhapus di Android

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android oleh tekno rumah onlineSama halnya dengan berbagai perangkat elektronik dengan sistem komputerisasi lainnya, walaupun memang sudah dikatakan smartphone, tapi tentu saja tidak lepas dari semua kelemahan yang mereka miliki. Semua perangkat elektronik tentunya lama kelamaan akan mengalami yang namanya masa expired. Ketika masa expired itu tiba, performa dan kinerja dari smartphone ini pun akan menurun dengan sendirinya. Penurunan kinerja dan performa pada smartphone ini ditandai dengan perubahan kecepatan akses semua aplikasi pada smartphone Anda. Anda akan merasa smartphone Anda tersebut selalu hang ketika mengakses aplikasi yang ada di dalamnya, seperti otak Saya yang kadang tiba – tiba hang saja, sehingga Saya pun tidak bisa bergerak sendiri hehehe.

Nah, untuk itu artikel ini Saya tulis agar Anda dapat tetap merawat smartphone Anda agar masih berfungsi dan memiliki kinerja seperti smartphone baru. Tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman Saya yang sudah dua tahun menggunakan smartphone yang sama tapi tetap memiliki performa seperti smartphone baru. Berikut tips – tips ampuh untuk menjaga kinerja smartphone agar tetap memiliki kecepatan seperti smartphone yang baru.

  • Lakukan Restart dan Update Sistem

Sama halnya komputer, perangkat seperti smartphone tentunya membutuhkan yang namanya restart untuk memulihkan performa sistem dan hardware Anda. Sistem operasi Android yang ada pada smartphone Anda juga tentunya memiliki notifikasi untuk update seperti pada sistem operasi komputer. Jika, notfikasi tersebut muncul sebaiknya segera lakukan update pada sistem operasi Anda. Tapi, tentunya Anda harus siapkan kuota internet Anda tentunya. Tapi, jika Anda sudah tidak memiliki kuota internet pada smartphone artikel Saya sebelumnya yang berjudul cara online gratis dari smartphone ini mungkin cukup membantu.

  • Hapus File yang tidak dibutuhkan

Hp Android ini jika Anda sering menggunakannya untuk online, akan menyebabkan media penyimpanannya cepat full karena temporary internet. Bukan hanya itu saja, jika Anda juga sering bermain game baik online maupun offline tentunya akan menyisakan file log atau sampah yang tidak dibutuhkan oleh ponsel Android Anda. Maka dari itu sebaiknya Anda menghapus file – file sampah yang tidak digunakan tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan beberapa software untuk membersihkan file sampah pada hp Android.

  • Disable Animasi

Ponsel Android memang memiliki kelebihan lain dalam segi tampilan atau interfacenya. Berbagai macam tema yang telah disediakan secara gratis untuk mempercantik tampilan smartphone Android Anda. Tapi, tema dengan efek animasi yang banyak seperti ini akan membuat ponsel Android Anda tentunya melambat. Matikan efek animasi pada tema Anda, atau sebaiknya Anda gunakan tema yang standar saja.

  • Pakai aplikasi Watchdog Task Manager

Aplikasi ini sangat berguna untuk mengetahui aplikasi yang memakan banyak resource dari smartphone Android Anda. Aplikasi ini akan memberitahukan kepada Anda aplikasi tersebut dan Anda bisa mematikan atau menghapus aplikasi tersebut jika memang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Firman Rasyid lahir di Parepare, 18 Juni 1988. Firman yang lebih akrab dipanggil Immunk ini adalah seorang pria tertutup yang hampir tidak pernah sama sekali membagikan masalahnya kepada orang lain. Atau mungkin karena hidupnya memang tidak pernah bermasalah sama sekali (Perlu dipertanyakan). Selengkapnya tentang saya

Tinggalkan komentar