Yang Belum Tahu Cara Backup Data iPhone, Baca Ini!

Posted on

Untuk pengguna smartphone iPhone, sudah banyak aktivitas yang mungkin telah anda lakukan pada iPhone Anda, salah satunya seperti upgrade iOS atau yang berkaitan dengan sistem operasi. Aktivitas semacam itu mungkin perkara yang biasa untuk para penggemar iPhone, karena sudah tahu seluk-beluk dan tips atau tutorialnya, tapi tidak ada salahnya untuk membackup data pada iPhone anda untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti error, sehingga OS Anda perlu direset kembali.

Baca juga :   Nasib Akun Online Ketika Anda Meninggal Dunia, Berikut Cara Mengamankannya

Lalu bagaimana cara backup iPhone anda? berikut langkah-langkah yang anda boleh lakukan untuk membackup data pada iPhone anda. Namun sebelum itu Anda sudah harus tahu cara daftar app ID secara gratis :

Backup Data Menggunakan iCloud
Anda boleh menggunakan perkhidmatan yang satu ini iaitu iCloud. Apple menyediakan kapasistas 5GB secara gratis untuk pengguna iOS untuk penyimpanan data dan bisa juga untuk memindahkan data dari perangkat iOS yang satu ke perangkat iOS lain.

Untuk menikmati layanan iCloud ini, anda diharuskan membuat akun iCloud pada iPhone Anda. Caranya cukup mudah hanya dengan masuk ke bagian settings lalu cari “iCloud”.

Lalu, anda masuk ke akun iCloud anda, kemudian masukkan Apple ID. Selanjutnya pilih Settings kemudian pilih iCloud, dan anda masuk ke bagian Storage & Backup. Pada menu tersebut terdapat pilihan sub-menu iCloud Backup. Dan hidupkan iCloud Sandaran tersebut. Mudah bukan? lihat gambar dibawah.

icloud-backup-iphone

Kemudian sandaran dengan menggunakan iTunes. Syarat yang utama untuk membackup menggunakan iTunes adalah dengan memasang program iTunes pada komputer anda terlebih dahulu. Jika sudah selanjutnya menyambung iPhone anda ke komputer yang sudah dipasang iTunes sebelumnya.

Backup Data Menggunakan iTunes
Langkah selanjutnya yaitu sinkronisasikan iPhone Anda dengan komputer tersebut. Setelah bersambung pada komputer akan ada pilihan menu, dan pilihlah menu “backup”. Setelah memilih menu backup tunggu beberapa saat hingga selesai, dan jangan pernah untuk membatalkan proses backup, kaerna bisa mengakibatkan data Anda hilang. Cara yang ini tergolong lebih mudah dan tidak terlalu sulit. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah:

Backup-Data-Menggunakan-iTunes

Backup Data Menggunakan iTunes Wi-Fi
Sama seperti cara di atas, namun cara ini tidak menggukan kabel yang dicolokan ke komputer melainkan menggunakan Wi-Fi. Untuk melakukan backup data dengan iTunes Wi-Fi ini sekurang-kurangnya anda perlu memasang iTunes 10.5 dan iOS 5. Jika Anda masih versi lama sangat disarankan upgrade ke versi terbaru terlebih dahulu. Caranya pilih General, kemudian Software Update.

Saat pertama kali menggunakan fitur ini, maka anda perlu melakukan sinkronisasi Wi-Fi dengan cara Wi-Fi Sync. Karena pertama kalinya sambungkan iPhone anda ke komputer dengan USB, hal ini dilakukan hanya sekali saja untuk tujuan sinkronisasi.

Setelah iPhone bersambung ke komputer buka iTunes dan carilah pada bagian Review yaitu Sync with this iPhone / iPad Over Wi-Fi lalu Apply untuk mengsinkronisasikan. Setelah selesai, matikan program iTunes dan restart iPhone anda. Sehabis itu proses sinkornisasi sudah selesai, dan anda bisa melakukan backup iPhone dengan iTunes Wi-Fi dengan cara Settings.app> General> iTunes> Wi-Fi Sync pada Iphone anda. Sedikit rumit ya?

Firman Rasyid lahir di Parepare, 18 Juni 1988. Firman yang lebih akrab dipanggil Immunk ini adalah seorang pria tertutup yang hampir tidak pernah sama sekali membagikan masalahnya kepada orang lain. Atau mungkin karena hidupnya memang tidak pernah bermasalah sama sekali (Perlu dipertanyakan). Selengkapnya tentang saya

Tinggalkan komentar