Home » Tips dan Cara » Teknologi » Fotografi » Cara Setting Kamera DSLR / Mirrorless Baru

Cara Setting Kamera DSLR / Mirrorless Baru

Jadi anda baru saja membeli kamera, entah itu kamera DSLR atau Mirrorless, untuk pertama kalinya. Yang paling asyik sih langsung dipakai. Namun kemudian anda melihat banyaknya tombol dan mode kontrol yang tersedia lalu Anda pun bingung bagaimana dengan setting kamera baru anda.

Dalam artikel ini, Saya akan memberikan beberapa tips tentang cara setting kamera DSLR / Mirrorless dCara Setting Kamera DSLR Mirrorless Baru oleh rumah onlinekuasar yang akan memudahkan anda.

  1. Kartu Memori

Segera setelah anda membuka bungkusan, masukkan Kartu memori ke kamera DSLR / Mirrorless anda. Format Kartu memori tersebut agar bekerja secara sesuai dengan file yang ditentukan oleh masing-masing kamera.

Baca :   Mengenal Beberapa Mode Standar Kamera DSLR

Masuklah ke menu utama kamera, kemudian cari perintah format. Di Nikon D5500 misalnya, anda masuk ke Menu > Persediaan Menu > Format. Sementara di Fuji X-E2 and tekan Menu OK > Geser ke bawah di Setup Menu 3 > Format.

  1. Tentukan Ukuran Dan Kualitas Gambar

Karena kamera anda sekarang sudah pro ada baiknya manfaatkan sebaik-baiknya untuk menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik yang ada. Gunakan format JPEG dengan kualitas tertinggi (Extra Fine atau Highest Quality) dengan ukuran file Large.

Jika berminat dengan format RAW yang menyimpan maklumat foto yang lebih banyak, anda juga boleh menggunakannya. Pastikan anda paham beda antara file gambar dengan format JPEG vs RAW. Saat memakai format RAW, pastikan komputer anda mempunyai perisian dan spesifikasi yang mencukupi untuk membaca dan penukaran RAW ke format standard.

  1. ISO
Baca :   Review Dan Spesifikasi Harga Kamera Canon EOS M2

Tetapan ISO di kamera menentukan berapa banyak cahaya yang diperlukan kamera untuk menghasilkan foto.

ISO tinggi seperti 6400 berguna apabila anda mengambil gambar di tempat dengan cahaya yang samar namun berisiko menghasilkan foto dengan bintik / noise. Sementara ISO rendah seperti 100 atau 200 menghasilkan foto tanpa noise yang lebih jernih dan dengan kualitas terbaik namun membuat foto rentan akan blur saat anda mengambil gambar di dalam ruangan.

Baca :   Tips Memotret Ketika Sedang Liburan (Traveling)

Untuk tahap awal penggunaan, tetapan ISO terbaik yang boleh anda pilih adalah Auto.

  1. White Balance

Tetapan white balance kamera mempengaruhi ketepatan warna foto. Sebagaimana dibahas dalam artikel mengenai white balance ini, warna kulit atau warna baju mungkin akan kelihatan aneh saat kamera menggunakan white balance yang tidak pas.

Untungnya, kamera saat ini sudah amat canggih sehingga jarang meleset. Gunakan tetapan auto white balance sebagai awalan sambil bereksperimen dengan tetapan white balance yang lain.

About Firman Rasyid

Firman Rasyid lahir di Parepare, 18 Juni 1988. Firman yang lebih akrab dipanggil Immunk ini adalah seorang pria tertutup yang hampir tidak pernah sama sekali membagikan masalahnya kepada orang lain. Atau mungkin karena hidupnya memang tidak pernah bermasalah sama sekali (Perlu dipertanyakan). Selengkapnya tentang saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*