Laptop Acer Tidak Ada Tampilan? Coba Update Biosnya

Posted on

Laptop Acer Tidak Ada Tampilan Coba Update Biosnya 2 oleh tekno rumah onlinekuLaptop Acer merupakan tipe atau merek laptop yang paling terkenal di tanah air. Hampir semua masyarakat khususnya yang memiliki laptop pasti mengenal tipe atau merek laptop yang satu ini. Laptop dengan harga yang murah tapi, tetap mempertahankan spesfikasi yang stabil seperti Acer ini memang sangatlah jarang. Untuk itu, banyak masyarakat beralih menggunakan laptop dengan merek Acer ini. Banyak yang beranggapan bahwa laptop Acer itu cepat rusak. Tentu saja yang namanya barang elektronik itu pasti nantinya akan mengalami kerusakan. Karena itu hanyalah benda mati, manusia saja nantinya akan rusak bahkan mati tidak bisa diperbaiki lagi.

Baca juga :   Trik Unik Komputer OS Windows 7 Yang Jarang Diketahui

Untunglah laptop hanya sebuah alat elektronik yang masih bisa diperbaiki kembali jika mengalami kerusakan. Nah, seperti yang Saya alami beberapa waktu lalu, laptop Saya atau lebih tepatnya netbook karena ukurannya hanya lebih sedikit dari 10 inci dengan tipe Acer Aspire One AO532H tiba-tiba mati begitu saja. Tombol power ditekan tapi tidak ada tampilan yang muncul, hanya tombol power berwarna biru saja yang menyala. Sedangkan di monitor warnanya gelap.

“Nah, apa yang terjadi pada laptop Acer Aspire One AO532H Saya ini?”

Saya pun mencoba mencari cara dengan browsing di internet, dan menemukan situs yang ternyata di dalamnya ada juga yang pernah mengalami hal serupa pada laptop Acer Aspire One AO532H ini. Hal ini cuma karena kesalahan dari BIOS motherboard laptop Acer Aspire One AO532H ini yang harus update. Mungkin karena rusak atau ada program yang tidak sejalan dengan BIOS laptop Acer Aspire One AO532H ini.

Nah, terus gimana caranya untuk bisa memperbaiki laptop Acer Aspire One AO532H yang layar blank ini?”

Cara Service Acer Aspire One yang layarnya blank atau mati bisa dicoba untuk semua tipe laptop Acer:

– Siapkan sebuah USB Flasdisk dengan kapasitas maksimal 2Gb. Lakukan format pada flashdisk tersebut dengan tipe partisi FAT.

– Masuk ke Browser Anda dan downloada update terbaru dari BIOS Acer Aspire One yang sesuai dengan tipe laptop Acer Anda. Anda bisa menuju link ini:

http://support.acer-euro.com/drivers/notebook/as_one_150.html

– Setelah berhasil Anda download, exctact filenya jika dalam bentuk .zip. Lalu ekstrak lagi file yang telah Anda ekstrak tadi dan kemudian copy 2 file yang di dalam folder ekstrak tersebut yang bernama FLASHIT.EXE dan ZG5IA32.FD ke dalam flashdisk yang telah disiapkan di awal tadi, tanpa ada folder sama sekali.

– Pasang flasdisk Anda ke laptop Acer yang tidak ada tampilan di layar tadi.

– Pasang charger pada laptop Anda tersebut.

– Tekan dan tahan tombol Fn dan Esc, lalu tekan kembali tombol power satu kali tapi tetap dalam posisi menekan tombol Fn dan Esc.

– Setelah kira-kira 15-30 detik, lepaskan tombol Fn+Esc, maka tombol power akan berkedip.

– Kamudian lanjut dengan menekan tombol power sekali lagi, maka lampu flasddisk Anda akan berkedip, ini tanda bahwa file BIOS yang telah di copy di dalam flasdisk tadi sedang diakses. Jangan lepaskan flashdisk Anda atau mematikan laptop, atau sebaiknya jaga jarak dari laptop Anda, dan jangan menekan apapun walaupun lampu power tidak menyala sama sekali.

– Tunggu sekitar 15-30 atau mungkin kurang, hingga lampu power berhenti berkedip (blinking), dan laptop Anda akan restart dengan sendiri.

– Nah, jika proses tadi berhasil, seharunya laptop Anda kini telah menampilkan gambar atau tulisan di layarnya.

Firman Rasyid lahir di Parepare, 18 Juni 1988. Firman yang lebih akrab dipanggil Immunk ini adalah seorang pria tertutup yang hampir tidak pernah sama sekali membagikan masalahnya kepada orang lain. Atau mungkin karena hidupnya memang tidak pernah bermasalah sama sekali (Perlu dipertanyakan). Selengkapnya tentang saya

Tinggalkan komentar