Tips Memilih Laptop Bagus Untuk Mahasiswa

Posted on

Tips Memilih Laptop Bagus Untuk Mahasiswa oleh tekno Rumah OnlinekuLaptop merupakan perangkat yang sepertinya sudah menjadi kebutuhan primer masing – masing orang. Jadi tidak heran jika kita melihat berbagai banyak pilihan laptop yang kini beredar di masyarakat. Bahkan untuk beberapa sekolah dan juga perguruan tinggi telah mewajibkan para siswa dan mahasiswanya untuk menggunakan laptop. Ini karena, kebutuhan akan teknologi yang mempermudah kita dalam mengakses ilmu pengetahuan tersebut.

Baca juga :   Trik Unik Penyajian Makanan Penggugah Selera

Saya juga pernah menjadi seorang mahasiswa di salah satu Perguruan tinggi swasta di Makassar untuk jurusan Teknik Informatika. Mungkin dipikiran Anda Saya tiap harinya akan berhadapan dengan dunia komputer bukan? Oh tentu tidak, Anda salah. Justru Saya malah kebanyakan menulis pada selembar kertas. Bahkan, ada salah satu mata kuliah pemrograman yang mengharuskan Mahasiswanya menggunakan mesin ketika untuk mengerjakan tugasnya. Alasannya agar kita tidak melupakan teknologi masa lalu yang merupaka awal dari teknologi komputer. Ah, sungguh bodoh pemikiran dari dosen tersebut. Orang itu berpikiran maju, dia malah berpikiran jauh kebelekang. Mungkin dia sedang keterbelakangan mental ya, hehehe.

Nah, karena hal ini tentunya kita sebagai Mahasiswa yang ingin maju dan tahu lebih banyak tentang dunia teknologi komputer tidak akan pernah menyentuh teknologi jadul tersebut (mesin ketik). Jadi, untuk mengakali hal tersebut, Saya menggunakan sebuah font yang sama dengan huruf pada mesin ketik. Sang dosen pun tidak bisa membedakannya hasil rekayasa kehebatan teknologi komputer masa kini, hehehe. Itulah salah satu hasil curhatan Saya dalam menjalani masa – masa sulit saat kuliah dulu.

Di jaman Saya kuliah dulu laptop seharga 3 juta rupiah masih belum tersedia. Harga laptop saat itu di atas 5 jutaan. Jadi, masih sangat jarang mahasiswa menggunaka laptop, kebanyakan hanya PC rakitan yang perangkat-pernagkatnya dipinjam dari kampus tapi sampai sekarang belum sempat dikembalikan, hehehe. Tapi, seperti yang kita lihat mahasiswa saat ini hampir semuanya sudah memiliki laptop. Walaupun sudah memiliki laptop tapi mereka tetap masih belum tahu cara menggunakannya. Jadinya Saya yang masa kuliah dulu belum berkenalan baik dengan laptop harus mengajar mereka menggunakannya. Inilah yang harus Anda lakukan jika Anda adalah seorang sarjana jebolan jurusan komputer. Semua yang berhubungan dengan komputer harus Anda ketahui.

Semua pembahasan yang Saya tulis di atas itu sebenarnya hanyalah curhat masa perkuliahan dulu. Dan semua itu tidak ada hubungannya dengan artikel cara memilih laptop untuk mahasiswa yang kulia berikut ini.

Perhatikan Desain

Karena, laptop jaman sekarang memang memiliki berbagai pilihan desain mulai dari warna hingga bentuk dan ukuran untuk itu desain dari laptop juga perlu diperhatikan. Mahasiswa jaman sekarang juga ingin lebih simple, sehingga desain laptop yang lebih ramping dan tipis cocok. Salah satu contohnya adalah Netbook berukuran 10 inci atau MacBook Pro.

Perhatikan Spesifikasi

Namun, tidak perlu terpatok pada sebuah desain yang keren dan modern untuk laptop. Kekuatan dan performa dari sebuah perangkat elektronik seperti laptop tentunya adalah hal yang penting untuk dipertimbahkan. Pilihlah laptop yang memiliki spesifikasi yang cukup memadai untuk kebutuhan Anda. Sehingga Anda bisa melakukan pekerjaan atau mengerjakan tugas dalam mode multitasking. Jika, Anda mahasiswa desaing grafis, laptop dengan spesifikasi extreme cocok untuk Anda dengan harga hingga 13 jutaan. Namun, jika Anda hanya mahasiswa yang membutuhkan perhitungan dan lebih banyak menggunakan Ms Office, laptop dengan harga 3 jutaan juga sudah cukup.

Sistem Operasi Sudah Terinstal

Pilihlah laptop yang sudah lengkap dengan sistem operasi. Seperti yang kita ketahui bahwa sistem operasi memiliki harga yang lumayan mahal juga. Jadi, alangkah baiknya jika Anda membeli laptop yang sudah lengkap dengan sistem operasinya. Dan, pastikan juga sistem operasi tersebut adalah asli atau genuine. Jangan sampai Anda hanya mendapatkan batas waktu 30 hari dalam menggunakannya.

 

 

Lihat Budget Anda

Untuk masalah yang satu ini, sepertinya Anda memang membutuhkan orang yang ahli dalam memilih sebuah perangkat komputer seperti laptop agar Anda bisa mendapatkan laptop dengan performa bagus dengan harga murah.

Memiliki Lisensi dan Garansi

Ini juga hal penting Anda perhatikan. Pilihlah laptop yang memiliki lisensi yang sudah terkenal. Perhatikan pula garansi waktu berapa lama dan apa saja yang menjadi garansi dari toko atau vendor dari laptop tersebut.

 

Firman Rasyid lahir di Parepare, 18 Juni 1988. Firman yang lebih akrab dipanggil Immunk ini adalah seorang pria tertutup yang hampir tidak pernah sama sekali membagikan masalahnya kepada orang lain. Atau mungkin karena hidupnya memang tidak pernah bermasalah sama sekali (Perlu dipertanyakan). Selengkapnya tentang saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *