Home » Unik » Fakta Menarik Mbah Gotho, Orang Tertua di Dunia dari Sragen

Fakta Menarik Mbah Gotho, Orang Tertua di Dunia dari Sragen

Pada 30 April 30 lalu, seorang kakek asal Sragen bernama Sodimejo alias Mbah Gotho menghembuskan napas terakhirnya di usia yang ke-147 tahun. Namun, sebelum meninggal dunia, kakek kelahiran 31 Desember 1870 itu sempat memecahkan rekor dunia sebagai orang tertua di dunia.

Nah, ternyata di balik perjalanan panjang hidup selama lebih dari satu abad ini, ada beberapa fakta menarik tentang Mbah Gotho. Apa saja?

1. Lelah hidup di dunia

Dok: Liputan6

Dok: Liputan6.com

Sebelum meninggal dunia pada tahun 2017, Mbah Gotho ternyata pernah beberapa kali mengatakan ingin segera ‘pergi’ dari dunia ini. Bahkan di tahun 1992, Mbah Gotho sudah memesan sebuah nisan bertuliskan namanya. Tepatnya setelah Sukirah, istri keempatnya, meninggal di usia 60 tahun.

Baca :   5 Rekor Orang Tertinggi dalam Sejarah

2. Baru sekali dirawat di rumah sakit

Dok: Liputan6

Dok: Liputan6.com

Selain memecahkan rekor sebagai orang tertua di dunia, Mbah Gotho ini ternyata juga orang yang terbilang sehat semasa hidupnya. Hanya saja, kondisi kesehatannya sempat melemah di akhir khayatnya, hingga memaksanya dirawat di RSUD dr Soehadi Prijonegoro, Sragen di awal April 2017. Merasa tidak betah di rumah sakit, lima hari kemudian Mbah Gotho pun marah-marah dan meminta untuk pulang.

3. Masih suka mendengar radio

Dok: Tempo.co

Dok: Tempo.co

Walaupun jarang sekali sakit, akan tetapi fungsi pendengaran dan mata Mbah Gotho memang mulai menurun, sebagaimana lansia pada umumnya. Bahkan lawan bicara terkadang harus mendekat ke telinganya dan berbicara dengan sedikit keras. Meski demikian, ternyata Mbah Gotho ini masih suka mendengarkan radio sebagai hiburan.

Baca :   Trik Unik Dengan Memanfaatkan Karet Gelang

4. Menarik perhatian peneliti Amerika Serikat

Dok: Reportasenews.com

Dok: Reportasenews.com

Dua orang peneliti asal Amerika Serikat sempat berkunjung ke kediaman Mbah Gotho, tepat satu hari sebelum Mbah Gotho dilarikan ke rumah sakit. Selama tiga hari berturut-turut, mereka mengambil samble darah, urin dan gigi untuk dilakukan penelitian di Amerika Serikat. Dari beberapa pengamatan yang dilakukan, mereka betul-betul yakin bahwa kakek asal Sragen itu benar-benar orang tertua di dunia.

Baca :   Trik Unik Perawatan Bibir Dengan Scrub Alami

5. Empat istrinya sudah meninggal

Dok: Twitter

Dok: Twitter/visualsgangid

Meski sudah empat kali menikah, namun ternyata keempat istri Mbah Gotho sudah terlebih dahulu meninggal dunia. Begitu pula dengan sepuluh saudaranya. Tidak ada lagi teman sebayanya. Bahkan lima anaknya juga sudah tiada. Menurut catatan, Mbah Gotho mempunyai empat orang istri, lima anak, 25 cucu, 17 cicit, dan 12 canggah.

Itulah tadi fakta menarik tentang Mbah Gotho, orang tertua di dunia asal Sragen, Jawa Timur. Sebagai informasi, rekor hidup terlama seseorang sebelumnya dipegang oleh  Jeanne Louise Calment asal Prancis, yang meninggal di usia 122 tahun.

About Bagas Dharma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*