Home » Unik » Kisah Mistis dari Masa Lalu di Benteng Portugis Jepara

Kisah Mistis dari Masa Lalu di Benteng Portugis Jepara

benteng portugis jepara

Dok: Wisatadigital.com

Bicara soal zaman penjajahan, tentu bukan hanya Jepang dan Belanda saja yang pernah menjajah bangsa Indonesia. Ada banyak hal lain yang menjadi bagian sejarah perjuangan Indonesia menuju kemerdekaan. Adapun salah satu awal sejarah kelam Nusantara adalah ketika datangnya bangsa asing Eropa pertama, yakni Portugis.

Portugis diperkirakan datang ke Indonesia pada tahun 1600-an silam. Tidak lama setelah kedatangannya, Portugis berhasil membangun sebuah benteng di Jepara, yang dikenal dengan nama Benteng Portugis Jepara. Benteng ini dibuat dengan begitu tinggi oleh bangsa Portugis. Namun, saat ini telah diubah menjadi destinasi wisata bagi masyarakat Jepara dan sekitarnya.

Baca :   3 Mitos Kerajaan Gaib di Indonesia

Menariknya, di benteng ini ada cerita lain yang mengandung unsur mistis di dalamnya. Bahkan orang-orang Portugis pun sampai kapok berada di benteng tersebut dan angkat kaki tak lama setelahnya.

Orang Portugis Mati Tidak Wajar di Benteng Buatan Mereka Sendiri

Bangsa Portugis tercatat tidak terlalu lama meninggali benteng tersebut. Salah satu alasannya adalah karena munculnya keanehan, di mana banyak prajurit Portugis yang meninggal tanpa sebab. Hal ini pun lalu dikait-kaitkan dengan semacam kutukan untuk para pendatang.

Namun, menurut cerita versi masyarakat lokal, bangsa Portugis memang tidak disukai oleh sosok gaib penguasa laut di sana, yakni Sang Bajul Putih. Kerajaan Bajul Putih yang bernama Luweng Siluman itu konon berada di sebuah pusaran air yang terletak antara Jepara dan juga pulau kecil bernama Mandalika. Sosok Bajul sendiri merupakan sosok buaya putih yang kerap menarik manusia untuk dijadikan abdi di kerajaannya.

Dok: YOUTUBE

Pulau Mandalika tampak dari kejauhan. Dok: YOUTUBE

Setelah kutukan ini terus melanda orang-orang Portugis, mereka pun merasa bahwa sudah saatnya mereka angkat kaki dari sana. Alhasil, tidak lama setelah benteng tersebut dibangun, mereka para Portugis pun angkat kaki dan membiarkan benteng mereka begitu saja. Sayangnya, kepergian Portugis pun segera tergantikan dengan kedatangan Belanda dan penjajah-penjajah Eropa lainnya.

Baca :   Tips Anak Kost - Hemat 150 Ribu Dalam Seminggu

Untuk mengenang cerita dan perjuangan melawan Portugis di masa lampau, pemerintah Jepara pun menjadikan Benteng Portugis sebagai salah satu destinasi wisata sejarah. Begitulah segelintir kisah mengenai peninggalan Benteng Portugis Jepara yang menjadi peninggalan bersejarah di Indonesia. Tetapi saat ini, benteng tersebut tetaplah menjadi tempat wisata yang indah dan patut dikunjungi di Jepara.

Baca :   Fakta Menarik Mbah Gotho, Orang Tertua di Dunia dari Sragen

Di Indonesia sendiri, sebenarnya ada banyak benteng atau gua yang juga pernah menjadi lokasi berkumpulnya para penjajah. Hampir semua tempat itu memiliki kisah mistis tersendiri di masa lalu yang masih dipercayai sampai saat ini.

About Bagas Dharma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*