Lokasi dan Titik Terpanas yang Dibumi

Posted on

tempat terpanasPanasnya cuaca di Indonesia akhir akhir ini membuat kami bertanya tanya dimanakah tempat yang paling panas di dunia. Dan bagaimanakah keadaan disana? apakah mereka dapat melalui hidup dengan cuaca extreme melebihi panas di Indonesia dimana hanya seputaran 22 hingga 33 derajat Celsius. Berikut Tempat atau kawasan paling panas di muka bumi yang sempat tercatat.

Baca juga :   Trik Ampuh Membersihkan Perabot Berbahan Stainless

Kebili, Tunisia 55oC

Kebili di Tunisia benarbenar mempunyai cuaca yang sangat panas di bumi yakni mencapai 55 derajat kota oasis yang terletak di tengah-tengah Tunisia, Afrika. Walaupun kota ini sudah dikenal akan cuaca yang sangat panas, orangorang telah tinggal di tempat ini jauh sejak manusia modern ada di dunia. Bukti berkaitan hal tersebut mengatakan bahwa Kebili telah dihuni sejak 200 ribu tahun yang lalu.

Ghadames, Libya 55oC
Ghadames di Libya adalah salah satu tempat yang paling hangat yang ada di dunia
Sebagai bandar oasis bertembok yang dideklarasi sebagai warisan dunia oleh UNESCO dan terletak di barat daya Libya, maka tidaklah menghairankan jika suhu tertinggi yang boleh dicapai bandar ini adalah sepanas 55 darjah Celsius. Untuk bertahan dari cuaca yang sangat panas ini, maka warga bandar Ghadames perlu membina rumah mereka dari bahan semula jadi seperti pokok sawit dan lumpur.

Rub Al Khali, Semenanjung Arab 56,1oC
Rub Al Khali sebagai salah satu padang pasir terluas yang ada di dunia adalah salah satu padang pasir yang paling panas.
Suhu tertinggi yang pernah dicapai padang pasir ini adalah setinggi 56 derajat Celsius. Tidak hanya panas, Rub Al Khali juga merupakan padang pasir paling luas di dunia. Ia menutupi 1/3 semenanjung Arab, dimana termasuk Saudi Arabia, Yemen, Oman dan UAE. Kerana panas padang pasir Rub Al Khali ini, maka tidak ada seorang manusia yang dapat menyeberangi padang pasir ini tanpa menggunakan alas kaki.

Death Valley, California 56,6oC
Death Valley adalah tempat paling panas yang ada di bumi ini Terletak di Gurun Mojave, California, US. Death Valley, yakni wilayah terendah, terkering, dan yang paling panas di Amerika Utara. Tidak hanya itu saja, tempat ini juga memegang rekor tempat paling panas di dunia, yakni 134 derajat Farenheit.

Dengan cuaca yang sangat panas tersebut, pada malam hari suhu cuaca yang ada di tempat ini akan berubah dingin dan berada di bawah derajat Celsius. Death Valley juga sebelumnya masuk sebagai salah satu dari 10 Tempat Misterius di Dunia dimana pada tempat ini ditemui batubatu yang dapat bergerak sendiri, bahkan meninggalkan jejak perpindahan mereka.

Alasan mengapa tempat ini disebut sebagai tempat paling panas di dunia tapi berada di urutan ke3 adalah kerana memang Death Valley merupakan tempat yang paling panas di Bumi. Namun, itu jika diukur berdasarkan alat ukuran yang benarbenar dilakukan di atas tempat tersebut. Sedangkan pengukuran yang lain menggunakan ukuran satelit.

Dashte Lut, Iran 70,5oC
Dashte Lut atau Gurun Lut merupakan salah satu tempat yang paling panas yang bahkan susu saja tidak dapat basi.
Dikenali juga secara ringkas sebagai Gurun Lut, wilayah ini mempunyai iklim gurun yang kering dan sangat panas. Di tahun 2005, didapati bahawa daratan yang paling panas di Bumi ini terletak di Gurun Lut yakni mencapai panas settingi 70 derajat Celsius. Untungnya, suhu udara di tempat ini masih lebih hangat.

Ada sebuah kajian yang dilakukan di tempat ini berkaitan sebotol susu. Penyelidik mendapati bahwa di Gurun Lut, susu tidak dapat basi karena bakteri tidak mungkin dapat hidup dalam panas berlebih seperti itu. Untuk membuktikan ini mereka meletakkan susu terbuka di Gurun Lut dan saat mereka kembali, mereka mendapati bahwa susu itu masih segar. Gurun Lut sendiri merupakan rumah bagi beberapa piramid pasir tertinggi di dunia.

Flaming Mountain, China 80oC
Flaming Mountain adalah gunung di China yang benarbenar sangat panas yang dapat Anda lihat dari cerita kera sakti. Flaming Mountain atau Gaochang Mountain terletak di pergunungan Tian Shan, Xinjiang, China. Dan seperti namanya gunung ini benarbenar sangat panas. Pada tahun 2008, satelit NASA mencatatkan salah satu suhu paling panas di dunia, yakni 80 derajat Celsius dan itu adalah di Flaming Mountain.

Berdasarkan novel klasik Perjalanan ke Baratatau Kera Sakti,” gunung ini pada awalnya memang sangatlah panas dan dapat membakar apapun, namun ditenangkan melalui kipas raksasa yang dipinjam Kera Sakti. Dalam legenda lain, disebutkan bahawa ada seekor naga yang tinggal di pergunungan Tian Shan dan suka memakan anak kecil, oleh karena itu seorang pahlawan mengalahkan si Naga dan memotongnya menjadi 8 bahagian. Darah si naga berubah menjadi Gunung kemerahan dan 8 potongan tersebut menjadi 8 lembah di Flaming Mountain.

Ukuran suhu pada Gurun Lut dan berapi Mountain dilakukan melalui Satelit, sedangkan ukuran pada Death Valley dilakukan dengan termometer di tanah. Karena ini beberapa orang berpendapat bahwa suhu di Gurun Lut dan berapi Mountain tidak sah. Ini menyebabkan Death Valley sering disebut sebagai tempat paling panas di dunia.

Nama saya Ega Patria. biasa dipanggil Ega, kak, woi, om, gan, bro, bebih atau sayang. Tapi agak sedikit merasa geli kalau dipanggil "Ayah". Tapi tidak apa-apa. Yaaa intinya terserah dari Kalian mau panggil Saya apa, yang jelas Saya paling suka dipanggil makan. Selengkapnya tentang saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *