Home » Unik » Tempat Unik » 4 Sungai Unik di Indonesia yang Menarik untuk Dikunjungi

4 Sungai Unik di Indonesia yang Menarik untuk Dikunjungi

Sebagian orang mungkin memilih liburan ke luar negeri untuk mendapat pengalaman seru. Padahal, di Indonesia sebenarnya masih banyak tempat-tempat yang enyenangkan untuk berwisata. Salah satunya adalah mengunjungi sungai unik yang terdapat di beberapa wilayah. Bukan hanya sungai Amazon saja lho yang bisa jadi destinasi wisata menarik. Tapi beberapa tempat di Indonesia berikut ini pasti akan bikin penasaran untuk mengunjunginya.

1. Sungai Mahakam (Kalimantan Timur)

Dok: lifegate.it

Dok: lifegate.it

Apa yang istimewa dari Sungai Mahakam di Kalimantan Timur ini? Lumba-lumba. Ya, tidak perlu jauh-jauh ke laut untuk bisa melihat spesies yang bersahabat dengan manusia itu. Pada musim-musim tertentu, sungai Mahakam menjadi tempat favorit bagi spesies Pesut Mahakam untuk berkumpul. Jenis lumba-lumba air tawar ini biasanya akan terlihat pada pagi dan sore hari.

Baca :   4 Cerita Tempat Mistis di Jepang yang Sudah Mendunia

2. Sungai Martapura (Kalimantan Selatan)

Dok: Cumilebay.com

Dok: Cumilebay.com

Masih di seputar Kalimantan, terdapat sungai unik lainnya yaitu Sungai Martapura di Kalimantan Selatan. Jika Thailand punya Pasar Terapung Pattaya, Indonesia juga punya Pasar Terapung Lok Baintan di Sungai Martapura. Pasar ini adalah jenis pasar tradisional, yang mana para pedagangnya masih menggunakan perahu tradisional bernama jukung untuk menjual barang dagangan mereka. Pembeli bisa menggunakan perahu untuk berbelanja, tapi terkadang para pedagang juga bersedia menghampiri pembeli di tepi sungai jika dipanggil.

Baca :   Keunikan Fauna Indonesia di Mata Dunia Sisi Fauna

3. Sungai Kampar (Riau)

Dok: DetikTravel

Dok: DetikTravel

Siapa bilang berselancar hanya bisa dilakukan di laut. Untuk mendapatkan ombak tinggi yang cocok untuk berselancar, Anda juga bisa mengunjungi Sungai Kampar di Riau. Lokasi sungai ini memang tidak jauh dari laut. Tidak heran jika ombak pun terkadang singgah ke sungai ini. Pada waktu-waktu tertentu, ombak yang datang cukup tinggi dan cocok untuk berselancar. Penduduk lokal menyebut ombak besar di Sungai Kampar ini dengan nama Bono. Bahkan saat bulan purnama penuh, ketinggian Bono bisa sampai tiga meter, lho!

Baca :   Trik Mudah Membersihkan Baju Dari Noda

4. Sungai Kalisuci (Gunung Kidul)

sungai unik

Dok: Travel Kompas

Gunung Kidul memang terkenal dengan wisata pantainya. Tapi ternyata ada juga lho wisata sungai unik yang patut untuk dikunjungi. Di Gunung Kidul terdapat destinasi wisata yang cocok untuk melakukan cave tubing atau menjelajahi gua dengan rafting. Ketimbang harus jauh-jauh pergi ke Selandia Baru, Sungai Kalisuci di Gunungi Kidul juga punya panorama serupa yang bisa digunakan untuk cave tubing. Dengan perlengkapan seperti akan rafting, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan sungai bawah tanah yang menawan.

About Bagas Dharma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*