Tips Anak Kost – Hemat 150 Ribu Dalam Seminggu

Posted on

Tips Anak Kost - Hemat 150 Ribu Dalam Seminggu oleh unik rumah onlinekuSaya dulunya adalah seorang anak kost sewaktu masih duduk dibangku kuliah. Sulitnya menjadi anak kost itu adalah kiriman biaya harian yang rekap perminggu dari orang tua. Di masa kuliah dulu, Saya hanya mendapatkan kiriman Rp. 150 ribu tiap minggunya. Untuk ukuran anak jaman sekarang uang segitu hanya habis kurang dalam sehari saja. Yah, tapi tips menggunakan uang 150 ribu dalam seminggu masih bisa Anda gunakan jika memang Anda ingin beririt. Tipsnya, ini Saya kalkulasi sendiri dari berbagai sumber harga yang tentunya dapat dipercaya, dan juga dari hasil ujicoba sendiri. Mau tahu tips-tipsnya? Silahkan Anda simak di bawah ini.

Baca juga :   Trik Unik Mengorganisir Kabel Earphones Smartphone

1. Sarapan Ringan (Rp. 1000) atau Tidak Sama Sekali

Untuk Anda anak kost yang sedang kuliah atau bekerja di luar daerah, sarapan pagi bukanlah kewajiban. Kalau pun Anda memang dulunya terbiasa sarapan pagi waktu masih numpang di rumah orang tua, sebaiknya Anda taktisi dengan sebuah sereal murah-meriah dan mengenyangkan. Ada banyak macam sereal yang bergizi dan sehat untuk sekedar menjadi pengganjal perut Anda. Salah satu dari sereal tersebut, yang juga sampai saat ini Saya masih mengkonsumsinya adalah Energen Sereal. Sereal susu dan gandum ini cukup bergizi dan mengenyangkan, harganya pun sangatlah bersahabat hanya Rp. 1000. Kalau dalam seminggu Anda mengkonsumsi Energen ini berarti hanya Rp. 7.000. Persoalan sarapan sudah selesai, kan.

2. Memasak Makanan Sendiri.

Tips Anak Kost - Hemat 150 Ribu Dalam Seminggu 5oleh unik rumah onlinekuPermasalahan sarapan tadi di atas sudah selesai, namun bagaimana dengan makan siang dan juga makan malam? Biasanya jika Anda seorang anak kost akan mendapatkan kirim beras bulanan dari orang tua Anda. Tapi, jika Anda seorang pekerja di luar kota kiriman beras tentu sudah tidak ada lagi. Nah, mengemat pengeluaran Anda 150 ribu untuk makan sehari-hari bisa dilakukan dengan memasak makanan sendiri. Mari kita kalkulasi bersama-sama.

– Dari data Kemendag.go.id pertanggal 25-26 Agustus 2015 ini, kisaran harga beras berada di angka Rp. 10 ribu/kg. Untuk kebutuhan seminggu perorang cukup membeli 1,5 kg beras saja.

– Untuk lauk dan sayur 11 x makan cukup keluarin dana Rp. 40 ribuan saja. Pengalaman hidup ngekost!

Jadi, total dana yang dikeluarkan untuk makan pokok sehari – hari adalah Rp. 15.000 + Rp. 40.000 = Rp.55.000

3. Mie Instant Alternatif Terbaik. 

Tips Anak Kost - Hemat 150 Ribu Dalam Seminggu 1 oleh unik rumah onlinekuMie instan memang tidak cukup untuk kesehatan. Namun, Anda tentunya perlu memberikan rasa dan aroma yang nikmat sekali-kali. Harga mie instan pun kini semakin mahal. Di daerah tempat tinggal Saya sudah mencapai Rp. 2.000 perbungkusnya. Pengalaman Saya ngekost untuk lebih irit dan hemat adalah cukup dengan mie instan 3 kali seminggu untuk siang hari itu sudah mengenyangkan. Jadi, jika Anda bosan dengan sayuran dan lauk yang Anda persiapkan dan masak sendiri gunakanlah mie instant + nasi untuk rasa yang lebih enak.

3 bungkus mie instan x Rp. 2.000 = Rp 6.000

4. Air Minum Juga Harus Masuk Dalam Hitungan

Air sebenarnya tersedia dimana-mana secara gratis, namun perlu olahan terlebih dahulu. Tapi, jaman sekarang ini semuanya sudah serba instan. Air pun dibeli dalam kemasan galon. Tapi, taktik Saya sewaktu kuliah agar tidak sering membeli air galon adalah dengan memasak air sendiri. Maklum, listrik tempat Saya ngekost kemarin memang gratis, jadi masak airnya Saya gunakan rice cooker (Magic Jar). Inilah kelebihan Magic Jar, mampu memasak apapun di dalamnya, mulai dari nasi, air, mie instant, bahkan ikan dan ayam pun bisa Anda masak di dalamnya. Permasalahan air pun selesai tanpa mengeluarkan modal sepeser pun. Dan, jangan lupa selalu bawa botol air kalau ingin ke kampus atau ke tempat kerja untuk menghemat pengeluaran Anda, tanpa harus membeli air minum lagi.

5. Perlengkapan Mandi yang Lebih Hemat

Tips Anak Kost - Hemat 150 Ribu Dalam Seminggu 2 oleh unik rumah onlinekuJika, Anda adalah orang yang super duper bersih dalam ngekost sebaiknya dikurangi. Penggunaan sabun mandi, shampo dan pasta gigi haruslah lebih irit lagi. Sebaiknya Anda gunakan sabun batangan saja dan shampo kemasan sachet. Pasta gigi sebaiknya beli yang ukuran paling kecil saja. Jadi, perhitungannya seperti ini.

Sabun mandi Rp. 2.300 + shampoo sachet Rp. 500/sachet x 4. Jadi, jika kita total pengeluaran untuk biaya mandi berada dikisaran harganya Rp. 4.300.

Perhitungan ini untuk mandi hanya sekali sehari, jadi jangan terlalu banyak mengeluarkan keringat ya.

6. Jangan Gunakan Jasa Laundry

Tips Anak Kost - Hemat 150 Ribu Dalam Seminggu 4 oleh unik rumah onlinekuWalaupun jasa laundry untuk anak kostan terbilang cukup murah, tapi kalau Anda hanya bermodalkan Rp. 150 ribu perminggu sebaiknya diperhitungkan lagi. Modal, Rp. 5.000 saja Anda sudah bisa mencuci baju selama seminggu. Baju Anda sudah lengkap dengan pewangi dan tentunya lebih bersih dan terawat, karena Anda sendiri yang mencucinya.

7. Tips Irit Pulsa

Jangan terlalu sibuk untuk menelpon teman dan juga menelpon pacar. Gunakan fitur Call Me saja, biar mereka yang menghubungi Anda. Tapi, untuk pacar sebaiknya sisihkan 2 – 3 kali seminggu untuk menelponnya, selebihnya modal BBM-an. Jadi, jika kita kalkulasikan Biaya menelpon menggunakan fitur nelpon murah kira-kira hanya Rp. 5.000 plus biaya BBM selama seminggu hanya Rp. 20.000, jadi totalnya hanya Rp. 25.000 saja.

8. Tips Irit Bahan Bakar

Untuk Anda yang memiliki kendaraan pribadi, sebaiknya gunakan takti sedikit jika Anda tinggal di tempat kost. Manfaatkan kendaraan untuk mendapatkan biaya tambahan. Caranya adalah dengan menawarkan kendaraan Anda kepada teman, tapi dengan syarat BBMnya diisi full setelah dipakai. Ini taktik Saya saat masih kuliah dulu. Bahkan service bulanan motor pun tidak pernah Saya tanggung. Soalnya, Saya tidak terlalu banyak jalan hanya teman Saya yang selalu memakai motor Saya. Jadi, semua biaya BBM dan service dia yang tanggung, Saya hanya kebagian mencuci motor saja.

9. Sisa Dana Gunakan Untuk Hangout

Tips Anak Kost - Hemat 150 Ribu Dalam Seminggu oleh unik rumah onlinekuWalaupun kita sangat ingin irit pengeluaran, tapi sosialisasi dengan sahabat atau teman juga sangatlah perlu. Sisihkan waktu tiap minggu untuk tetap berkumpul bersama teman dan sahabat di warkop. Cukup bermodalkan RP. 25.000 secangkir kopi dan cemilan sudah sangatlah cukup untuk menemani canda tawa Anda bersama sahabat dan teman-teman Anda. Sedangkan untuk pacar, biaya paling murah untuk pacaran adalah di tempat kost Anda sendiri. Janganlah terlalu sering ke Bioskop menonton, manfaatkan teknologi seperti Wifi gratisan sekitar tempat kost Anda untuk mendownload film terbaru. Film tersebut bisa Anda gunakan bersama pacar sambil membeli beberapa cemilan untuk dinikmati bersama agar lebih romantis. Walaupun Saya dulunya punya pacar yang tajir, Saya tetap berada dalam posisi sebagai seorang laki-laki sejati yang tidak pernah meminta sepeser pun dari pacar Saya, kecuali memang itu dalam bentuk hadiah, tapi Saya kadang juga berhutang ke pacar. Itu lebih baik daripada memanfaatkan pacar sendiri, hehehe curhat.

Nah, dari semua penjelasan tips menghemat Rp. 150 ribu dalam seminggu di atas Saya mendapat perhitungan total sebanyak Rp. 127.300. Anda masih bisa menyisihkan Rp. 22.700 dalam seminggu. Jika, Anda kumpulkan hasil menyisihkan uang tersebut selama sebulan (4 minggu) Anda akan mendapatkan hasil Rp. 90.800. Cukup lumayan untuk lebih santai di bulan berikutnya.

Jika masih ada kekurangan dalam penulisan di atas silahkan Anda tambahkan pada kolom komentar di bawah. Namun, jika tulisan di atas bermanfaat dan cukup unik untuk Anda bagikan, silahkan klik salah satu tombol berbagi di bawah ini.

Firman Rasyid lahir di Parepare, 18 Juni 1988. Firman yang lebih akrab dipanggil Immunk ini adalah seorang pria tertutup yang hampir tidak pernah sama sekali membagikan masalahnya kepada orang lain. Atau mungkin karena hidupnya memang tidak pernah bermasalah sama sekali (Perlu dipertanyakan). Selengkapnya tentang saya

Tinggalkan komentar