6 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

by
Ilustrasi Jambu Biji/ INT

– Jambu biji atau jambu klutuk, memiliki manfaat yang sangat tinggi, bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yang sangat terkenal adalah demam berdarah.

Buah ini adalah wilayah tropis yang lezat dan kaya akan zat gizi. Dilansir dari hellosehat.com, berikut enam manfaat dari Jambu Biji:

1. Menjaga kesehatan jantung

Banyak peneliti percaya bahwa tingginya antioksidan dan vitamin pada jambu inilah yang melindungi jantung dari kerusakan radikal bebas

Jambu biji juga dianggap sebagai buah pengikat kolesterol karena mengandung tinggi serat larut air. Serat golongan ini dapat mengikat asam empedu sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol darah. Karena itu, mengonsumsi jambu dapat mencegah penyakit jantung atau meringankan penyakit jantung yang sudah diderita.

Kandungan kalium jambu juga sama tingginya. Kehadiran kalium dapat membantu regulasi tekanan darah di dalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi stabil.

2. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang tengah melakukan diet, tidak ada salahnya menambahkan Jambu Biji dalam menu Anda. Jambu memberikan efek cepat mengenyangkan perut dan menjaga rasa lapar muncul kembali dalam waktu yang cukup lama. Hal itu karena buah tersebut kaya akan serat.

3. Anti kanker

Tingginya vitamin C dan flavonoid dalam jambu menjadikan buah ini kaya antioksidan. Karakteristik kandungan antioksidannya yang kuat ini dapat menghambat produksi nitrosamins, substansi yang memicu terjadinya kanker.

Vitamin C juga membantu selenium di dalam tubuh untuk menghalangi sel kanker, terutama kanker paru-paru, payudara, dan kanker usus besar.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tingginya kadar vitamin C di dalam jambu biji membuat buah ini mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari paparan infeksi. Kadar vitamin jambu ini 4 kali lebih tinggi dari kandungan vitamin C pada jeruk.

Tingginya vitamin C pada jambu biji ini tidak mengherankan jika akhirnya bisa membantu penyembuhan atau mencegah terjadinya beberapa kejadian infeksi dari mulai sariawan, pilek, dan juga batuk.

Vitamin C dari jambu ini akan meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh untuk menghambat aktivitas mikroba yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, jambu bisa mencegah terjadinya infeksi maupun mempersingkat durasi terjadinya infeksi.

5. Bermanfaat untuk kesehatan kulit

Tingginya kandungan vitamin dan antioksidan yang ada di dalam buah jambu biji sangat penting untuk menunjang kesehatan kulit. Antioksidan yang tinggi akan melindungi kulit dari kerusakan dari paparan polusi yang menyerang kulit Anda sepanjang beraktivitas. Antioksidan juga akan memperlambat proses penuaan sehingga bisa mencegah datangnya keriput.

Selain itu, salah satu vitamin yang tekandung dalam buah jambu adalah vitamin K. Vitamin ini mampu merawat masalah-masalah kulit seperti iritasi jerawat pada kulit.

6. Sebagai antiseptik dan menjaga sistem pencernaan tubuh

Buah jambu mengandung zat antibakteri terhadap bakteri yang menyebabkan infeksi akut yang menyerang usus seperti bakteri Staphyloccocus. Selain itu, serat yang terkandung dalam buah jambu juga membantu pergerakan usus dan membersihkan usus secara menyeluruh. Karena kandungan serat ini, jambu sangat membantu mencegah terjadinya sembelit.

Nah, dengan demikian, tidak ada salahnya Anda memasukkan buah tersebut ke dalam menu keseharian Anda.

loading…


Source link