Bappeda Gowa Gelar Konsultasi Publik Penyusunan RKPD Tahun 2019

by

GOWA, – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa menggelar acara Forum Konsultasi Publik dan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019.

Kegiatan ini sebagai salah satu tahapan awal proses perencanaan pembangunan untuk tahun 2019, resmi dibuka oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL, didampingi Sekretaris Daerah Kab Gowa, H Muchlis dan Kepala Badan Pendapatan Daerah, Taufiq Mursad,di Baruga Karaeng Galesong Kanto Bupati Gowa, Rabu (7/3/2018).

Adnan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah momen yang sangat strategis bagi kita untuk mengkomunikasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis tahun 2019.

“Forum ini harus jadi wadah diskusi untuk merancang dan memusyawarakan kegiatan pembangunan yang strategis demi menjawab tantangan pembangunan dimasa mendatang dan ini merupakan tahun ketiga RPJMD Gowa dalam upaya mencapai visi Kabupaten. “Terwujudnya Masyarakat yang Berkualitas, Mandiri, dan Berdaya Saing dengan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik” ujarnya.

Penyusunan RKPD tahun 2019 harus selaras dengan visi Kabupaten Gowa dan mampu menjawab permasalahan yang ada saat ini.

“Output dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) yakni sebagai pedoman dalam penyusunan kebijakan umum anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS)”,urainya.

Olehnya itu, lanjut orang nomor satu di Gowa ini mengatakan bahwa penyusunan RKPD ini perlu disepakati tema pembangunan tahun 2019 sebagai salah satu panduan dalam menyamakan persepsi dan pemahaman bersama.

“Jadi kita harus membuat kesepakatan untuk tema tahun 2019 tetapi tetap mengacu pada sistem perencanaan pembangunan Nasional, maka RKPD Kab Gowa tahun 2019 diharus merujuk pada dokumen-dokumen perencanaan Nasional dan Provinsi Sulsel utamanya pada substansi keterkaitan prioritas pembangunan, kebijakan dan arah pembangunan yang akan dilaksanakan tahun depan,” katanya dihadapan seluruh peserta forum ini.

Diakhir sambutannya, Bupati termuda di KTI mengharapkan kiranya semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dapat mencurahkan semua ide dan pemikiran untuk menyusun program kerja yang strategis, yang nantinya akan menentukan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gowa di masa akan datang.

Sementara Taufiq Mursad dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian proses musyawarah perencanaan pembangunan yang difasilitasi oleh pemerintah kabupaten gowa, yang diawali dari pelaksanaan Musrenbang Desa, musrenbang Kelurahan, pra musrenbang dan musrenbang Kecamatan yang telah dilaksanakan pada 13 Februari hingga 21 Februari yang lalu.

“Pelaksanaan kegiatan ini untuk memantapkan arah dan tujuan program pembangunan di Gowa karena harus melibatkan berbagai unsur pemerintah daerah mulai dari delegasi kecamatan, SKPD, hingga Anggota DPRD Kab Gowa,” ungkapnya.(Adv)

loading…


Source link