Bupati Elisa Kambu Siap Sekolahkan Anak-Anak Asmat Ke Unhas

by
Bupati Asmat, Elisa Kambu menyambut baik tawaran Majelis Wali Amanah (MWA) Unhas.

MAKASSAR, – Bupati Asmat, Elisa Kambu menyambut baik tawaran Majelis Wali Amanah (MWA) Unhas, terkait penerimaan anak-anak asli Asmat belajar di Unhas melalui Kerja Sama Afirmasi, pada Selasa (13/2/2018), di rujab Bupati Kabupaten Asmat, Papua.

Penawaran tersebut dinilai sangat baik bagi Elisa, menurutnya kerja sama pendidikan untuk putra putri Asmat memang sangat penting untuk mengatasi persoalan kesehatan di daerahnya yang sempat mengalami Kasus Luar Biasa (KLB).

BACA: Unhas Siap Menyambut Presiden Jokowi

“Satu-satunya jalan memang meningkatkan SDM. Pendidikan harus menjadi prioritas untuk memutus mata rantai masalah. Namun anak-anak juga harus sehat, ” terang Elisa, saat memberikan sambutan di pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan yang digelar Tim Unhas ini turut dihadiri sejumlah dokter residen, pejebat eselon daerah seperti Kadis Kesehatan, Kepala Bappeda, Kadis Pendidikan, Inspektur Inspektorat, dan Asisten 3 mendampingi bupati Asmat.

Dikesempatan tersebut, Prof. Idrus Paturusi menyampaikan rencana kerja sama pendidikan dibidang kesehatan, dan menyatakan kesiapan pihak Unhas untuk menerima putra-putri Asmat tanpa tes.

BACA: Kunjungan Presiden: Unhas Antisipasi Kartu Kuning Untuk Jokowi

“Saya harap pihak pemerintah daerah bisa memanfaatkan peluang kerja sama ini untuk meningkatkan SDM daerah untuk masa yang akan datang,” jelas Prof Idrus.

Sementara itu, Prof Razak Thaha menyatakan kedatangannya guna mengetahui persoalan yang terjadi di Asmat.

Razak juga membeberkan bahwa ini kali pertama, Unhas mengajak langsung untuk menjalin kerja sama.

“ini kali pertamanya Unhas mengajak langsung kerja sama. Biasanya orang yang datang ke Unhas untuk bekerja sama, ” ungkap razak.

Menerima tawaran tersebut, Elisa Kambu menyatakan kesiapannya untuk mengirim anak-anak Asmat ke Unhas dan berjanji Pihaknya akan menindaklanjuti pertemuan ini dengan berkunjung langsung ke Unhas untuk membuat MoU.

” Kami siap ke Unhas. Nanti kita akan kirim anak-anak sekolah ke sana, 80 persen anak Asmat. Sisanya bisa yang lain, yang berasal (tinggal) dari sini,” katanya.

Selain itu, sebelum menggelar pertemuan bersama Bupati Kabupaten Asmat, Rombongan Tim Unhas juga melakukan berbagai kegiatan sosial serta kunjungan ke beberapa kampung dan distrik.

Penulis : Agus Mawan

loading…


Source link