Deng Ical : Pemuda adalah Objek dan Subjek yang strategis

by

Terkini.id, Makassar – Plt Walikota Makassar, Syamsu Rijal yang akrab disapa Daeng Ichal turut hadir sebagi pembicara dalam diskusi publik yang bertemakan meningkatkan potensi pemuda dalam kewirausahaan dan kepemimpinan dalam pembangunan.

Diskusi ini dilaksanakan oleh Sekretariat DPRD Kota Makassar di Hotel Kontinent, Jalan Adhyaksa, Makassar Selasa 20 Maret 2018.

Menurut Syamsu Rijal dalam pembahasannya mengatakan kita selalu menempatkan pemuda sebagai subjek dan objek yang strategis, setelah profesi.

“Jadi pemuda adalah subjek dan objek yang strategis”,ujar Ichal.

Lanjut Icha menjelaska model pemuda jika ingin berkontribusi dalam konteks pemerintahan ada 2, yakni pertama kita menjadi objek penuh yang hanya menunggu nanti ada program baru bisa jalan, yang kedua adalah menjadi salah satu subjek.

“Ini berarti kita berasama-sama dengan pemerintah bekerja dengan berbagai keahlian dan profesi dan tanggung jawab”, ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa jika ingin menjadi subjek tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan, seperti misalnya berkas-berkas untuk bisa terdaftar di Kesbang.

Dalam diskusi itu pula deng Ical memaparkan bahwa dana yang ada di pemerintah kota cukup besar yakni sekitar 4,4 Trilyun, akan tetapi uang yang berputar di kota Makassar itu jauh lebih besar yakni sekitar 145 trilyun.

“Banyak uang di pemerintah tapi lebih banyak uang yang tersebar di luar, artinya peluang kita untuk berkontribusi melalui kewirausahaan dan leadership” ungkapnya.

Di samping itu, Ia juga menyampaikan jumlah pengangguran di kota Makassar sebesar 9,87%, kemudian persentase orang miskin yang ada di Makassar sebesar 4,38% dengan 56.334 kepala keluarga, dan dari jumlah KK ini yang mendapatkan Beras Sejahtera (Rastra) hanya 39.000 KK.

“Semua orang jika ingin bekerjasama yang pertama akan dilihat adalah citranya. Jadi citra ini kita bangun sejak lahir. Dalam bersosialisasi jangan pernah memandang orang lain serendah apapun orang itu, sebab tidak ada yang tau bagaimana orang itu kedepannya,” tutup Deng Ichal.

Bagikan artikel ini :


Source link