Di Forum Rektor, Jokowi Ingin Ada Fakultas Bola dan Fakultas Kopi

by

Makassar – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada semua rektor di perguruan tinggi Indonesia agar segera berbenah diri untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan.

“Saya sudah tegur Kemenristekdikti agar Fakultas-fakultas yang sudah berpuluh tahun tidak merubah diri. Tidak merubah itu saya minta segera kita rubah. Karena dunia ini sudah betul-betul sudah berubah dengan sangat cepat,” kata Jokowi saat menghadiri forum rektor di Kampus Unhas Makassar.

Jokowi menyampaikan agar Rektor di Indonesia membuka Fakultas dan Jurusan baru yang lebih spesifik ke jurusan pertanian dan perkebunan seperti kopi, cokelat dan lain-lain.

Akan tetapi selain dengan jurusan tersebut, ia juga mengharap agar kelak ada jurusan lebih detail membahas tentang hasil tanaman coklat.

“Itu salah satu wujud mendongkrak mutu mahasiswa dalam persaingan bukan hanya dilihat dari sektor pertumbuhan pengetahuan teknologinya saja. Melainkan dengan memberdayakan sektor pertanian,” jelas Jokowi.

Salah satu terobosan yang ingin di dongkrak Jokowi yaitu kawasan pertanian terkhusus dengan kopi.

Ia berencana mencetuskan fakultas yang hanya melakukan penelitian dan jurusan khusus terhadap hasil kopi.

“Adakah fakultas kopi, jurusannya kopi apa?  Kenapa tidak bisa kopi tumbu ekspreso atau kopi apa saja,” kata Jokowi.

Selain itu sektor olah raga juga sangat dibutuhkan seperti jurusan sepak bola.

“Supaya kita dapat menang dan bersaing. Kenapa kita tidak buat fakultas bola saja. Kenapa olah raga kita tidak dapat bersaing karena menejemen nya yang patut diperhatikan,” kata Jokowi,

Source link