Empat Polda di Indonesia bersaing usut Abu Tours

by

Makassar – Kasus gagal berangkat jemaah Abu Tours, muncul di sejumlah daerah. Sejauh ini, kepolisian sudah melakukan proses pengusutan di empat daerah, yakni di Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

Di Sulsel, Direskrimsus Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan, telah meningkatkan proses pengusutan kasus Abu Tours ke penyidikan. Pihaknya dalam waktu dekat akan menetapkan siapa yang bakal menjadi tersangka.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, mengungkapkan, Direskrimsus Polda Sulsel akan berkoordinasi dengan Dirkrimsus beberapa Polda yang sudah melakukan penyidikan terhadap kasus Abu Tours.

Di daerah lain, Abu Tours juga sedang diusut. Di Kalimantan Barat, Polda Kaltim sudah mengagendakan pemanggilan terhadap Bos Abu Tours, Hamzah Mamba. “CEO-nya akan kami panggil pekan depan,” kata Kasubbid Penmas Humas Polda Kaltim, AKBP Yustiadi Gaib.

Sementara itu, di Palembang, Penyidik Ditreskrimum Polda Sumatera Selatan berencana untuk menggeledah kantor Abu Tours di Jalan Inspektur Marzuki nomor 1616 Pakjo, dan memeriksa karyawan Abu Tours.

Hal yang sama juga dilakukan Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara. Meskipun, kepolisian di daerah ini baru menerima laporan warga, dan masih sedang diproses.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting mengatakan, laporan sudah diterima oleh Kanit di Direktorat Reserse Kriminal Umum. Pihaknya pun mengimbau masyarakat yang menjadi korban agar segera melapor.

Periksa direksi dan manajer

Di Sulawesi Selatan, perkembangan penyidikan sudah cukup maju. Penyidik Subdit 4 Tipikor Polda Sulsel mulai melakukan pemeriksaan saksi hingga Kamis, 1 Maret 2018.

Selain pemeriksaan saksi dari karyawan Abu Tours, polda juga mengambil keterangan perwakilan dari Kementerian Agama Sulsel.

Kombes Pol Dicky Sondani menyebutkan, masing-masing saksi yang diperiksa yakni, Direktur promosi, manajer keuangan, manajer manifest, manajer HRD, mantan direktur keuangan, mantan district manager, dan dua lainnya dari PT Abu Tours.

“Mereka diperiksa untuk diambil keterangannya oleh penyidik,” kata Dicky Kamis 1 Maret 2018.

Bagikan artikel ini :


Source link