Forkeis UIN Alauddin sabet 5 juara di ajang Temilreg KSEI 2018

by

Makassar – Tidak ada usaha yang menghianati hasil, JUBA (Juara umum bisa). Itulah slogan yang menjadi penyemangat Forum Kajian Ekonomi Syariah (FORKEIS) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar di setiap perhelatan event.

Dengan slogan tersebut, Forkeis lagi-lagi menorehkan prestasi dalam salah satu agenda Temu Ilmiah Regional (Temilreg) Kajian Ekonomi Syariah Indonesia (KSEI) 2018.

Temilreg merupakan ajang silaturahim sekaligus wadah untuk mengevaluasi keilmuan dari setiap Forum Kajian Ekonomi Syariah yang ada di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan dan Papua.

Temilreg yang digelar pada hari Kamis-Minggu, 22-25 Februari 2018 ini mengusung tema “Optimalisasi Pengembangan UMKM dari Timur Untuk Indonesia” dan untuk tahun ini tuan rumah dipercayakan kepada Kelompok Studi Ekonomi Islam, Shariah Economic Assosiation Institut Agama Islam Negeri (KSEI SEA IAIN) Palopo untuk yang kedua kalinya.

Temilreg tahun ini Forkeis berhasil menyabet 5 juara diantaranya, juara 1 dan 2 Karya Tulis Ilmiah, juara 1 Video Edukasi, juara 1 Tahfiz ayat ekonomi dan juara 3 Olimpiade Ekonomi Islam.

5 piala yang berhasil disabet Forkeis UIN Alauddin Makassar di ajang Temilreg KSEI 2018

“Sebuah prestasi yang membanggakan dan luar biasa. Mempertahankan Juara umum bagi kami menjadi sebuah tantangan yang berat, juga lagi kami belum sempat melakukan Diklat sehingga sedikit kewalahan dalam mengatur jadwal yang juga bertepatan dengan hari libur yang akhirnya berdampak pada kurangnya kader untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan,” ungkap Muh Miftahul Khaer selaku Direktur Eksekutif Forkeis.

Namun rupanya hal tersebut tak menyurutkan semangat dari kader yang dibuktikan dengan berhasilnya mereka meraih Juara Umum. Meski dalam persiapan menghadapi Temilreg ini orkeis tak memiliki waktu yang cukup banyak.

Selain itu juga disebabkan karena banyaknya agenda Forkeis, salah satunya yakni kader Forkeis baru saja melakukan Mukhtamar dan selang 4 Minggu kemudian para kader harus mempersiapkan diri menuju Temilreg ini.

Kader Forkeis UIN Alauddin berfoto bersama usai meraih gelar juara di Temilreg KSEI 2018

Tingginya antusiasme dari KSEI yang hadir menjadikan event ini sukses dalam penyelenggaraannya. Beberapa KSEI yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini yakni KSEI Forkeis UIN Alauddin Makassar, Rumah Ekis Watampone, IELC Al AZhar, Fosei Unhas, Fens STAIN Parepare, Fresh Umpar dan SEA IAIN Palopo.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yakni Seminar Nasional, Karya Tulis Ilmiah, Bisnis Plan Competition, Olimpiade Ekonomi Islam, Tahfiz ayat-ayat ekonomi dan Video Edukasi. Kemudian di hari terakhir ditutup dengan Sarasehan dan Field Trip.

“Yang terpenting dari kegiatan ini adalah semakin eratnya ukhuwah diantara kita dan saya ingin yang terpancar dari kegiatan ini adalah keceriaan bukan ketegangan berkompetisi. Mungkin untuk kegiatan berikutnya bisa dikemas dengan konsep yang santai dan tetap tercapai ukhuwahnya sehingga lebih semangat dalam membumikan ekonomi islam,” pungkas Miftahul Khaer.

 

Citizen Reporter : Nur Ilmi (Departemen Mistik Forkeis UIN Alauddin Makassar)

Bagikan artikel ini :


Source link