Genap 45 Tahun, Apa Torehan Prestasi RMS?

by

Makassartoday.com – Hari ini, Sabtu (3/32018) Bupati Sidrap, H Rusdi Masse (RMS) genap berusia 45 tahun.

Diakhir masa jabatannya sebagai bupati dua periode, Ketua NasDem Sulsel ini disebut-sebut telah banyak menorehkan prestasi, khususnya pada pementasan kemiskinan di wilayahnya.

Tak heran, jika RMS kini mendapatkan gelar “Sang Pengentas Kemiskinan” dari masyarakat Sidrap.

RMS disebut telah berhasil menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Sidrap, dalam 9 tahun terakhir.

Selama 9 tahun menjabat atau nyaris dua periode, RMS berhasil menjadikan Sidrap sebagai salah satu daerah yang maju di segala sektor, terlebih pada sektor pembangunan.

Bicara kemiskinan, RMS menjadikan daerah penghasil beras ini sebagai daerah dengan angka kemiskinan terendah di Sulsel.

Selama menjabat, program pengentasan kemiskinan sukses menekan angka dari 10 persen menjadi 5,32 persen di akhir jabatannya. Itupun masih akan turun pada akhir 2018 mendatang.

Begitupun angka pengangguran, dari 10 persen menjadi 3 persen. Pengangguran ditekan habis lantaran sektor usaha dan perekonomian yang digerakkan secara massif.

Sementara, pendapatan perkapita yang menjadi salah satu indikator peningkatan kesejahteraan masyarakat juga mengalami peningtakab dari Rp9,5 jt menjadi Rp40 juta per tahun.

Bicara goverment, performance Pemkab Sidrap di bawah kendali RMS juga mampu membawa Sidrap menjadi terdepan. 

RMS juga mampu mengangkat Sidrap menjadi salah satu daerah terkemuka di Sulsel, setelah melakukan terobosan melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), yang menyita perhatian Nasional.

Tahun ini, Kabupaten Sidrap merayakan hari jadi yang ke 674. Ini adalah tahun terakhir RMS menakhodai Sidrap. Di akhir tahun masa jabatannya, RMS masih melakukan pembenahan di berbagai sektor.

Terbukti, ada beberapa proyek besar yang diresmikan bertepatan dengan hari jadi Sidrap. Diantaranya, di sektor kesehatan ada pembangunan.

Andi Faldy F Darwis, salah seorang sahabat dekat banyak bercerita tentang sosok RMS. Menurutnya, RMS sering jadi panutan kalangan politisi muda di Sulsel. Kemampuannya dalam management pemerintahan dan organisasi politik, kata Faldy tak diragukan lagi.

“Beliau adalah tokoh yang selalu menjadi panutan anak muda di Sulsel. Pak RMS orang yang sosial dan saya banyak belajar dengan beliau, khususnya dalam hal membangun pola hubungan sosial dengan masyarakat,” jelas pria yang kini bergelut dalam dunia bisnis.

Di ulang tahunnya ke-45, Faldy menyampaikan pesan khusus kepada RMS agar tetap menjadi pemimpin yang selalu berpikir untuk kepentingan masyarakat dan tetap memberikan kontribusi positif terhadap generasi penerusnya di Sidrap serta membawa misi restorasi ke tingkat yang lebih tinggi dalam dunia politik tanah air. (*)

Source link