Hantu Cibbiu, arwah Bayi yang terkenal dari tanah Bugis Makassar

by

Terkini.id, – Keyakinan masyarakat tanah air akan dunia mistis memang cukup banyak dipercayai oleh berbagai kalangan, termasuk pula masyarakat di Sulawesi Selatan.

Provinsi yang didominasi oleh suku Bugis dan Makassar ini juga punya kepercayaan yang cukup kental dengan fenomena mistis. Bahkan masyarakat Sulawesi Selatan memiliki sejumlah hantu terkenal yang telah menjadi legenda secara turun temurun hingga saat ini.

Salah satu hantu yang menjadi legenda di tanah Sulawesi Selatan yakni hantu Cibbiu yang juga dikenal dengan nama hantu Cambiu.

Menurut cerita, hantu ini berwujud bayi setinggi 30 cm dan berambut sangat panjang melebihi tinggi badannya. Konon hantu ini adalah arwah penasaran dari bayi malang yang dibuang oleh ibunya.

Ilustrasi hantu Cibbiu. (foto/segiempat.com)

Dari cerita yang beredar luas, bayi Cibbiu dibuang karena dia lahir tanpa ayah yang jelas, akibatnya sang ibu memilih untuk menggugurkannya (aborsi). Setelah digugurkan, jasadnya kemudian dibuang di sebuah perbatasan kampung.

Cibbiu menganggap manusia yang diganggunya sebagai orang tuanya. Maka dari itu, hantu ini kerap memeluk korbannya dengan cengkraman yang sangat kuat atau menggelitiknya seakan-akan sedang bermain dengan orang tuanya.

Hantu ini juga sering mengganggu pejalan kaki yang sedang melintas dihadapannya, mengakibatkan kaki korban bengkak dan tidak bisa berjalan.

Ilustrasi hantu Cibbiu. (foto/blogspot.com)

Arwah Cibbiu dipercaya sering muncul di pohon-pohon bambu yang padat atau di sekitar tanaman kacang panjang/kacang tanah. Banyak orang yang mengatakan kalau Cibbiu suka makan kacang-kacangan.

Terlepas dari Anda percaya atau tidak dengan keberadaannya, yang pastinya hantu Cibbiu telah menjadi cerita rakyat sejak turun temurun di tanah Sulawesi Selatan.

Bagikan artikel ini :


Source link