Ini Rahasia Bocah “Kalkulator” di Makassar Piawai Hitung Cepat

by

Makassartoday.com – Akhyar, bocah sembilan tahun asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menghebohkan masyarakat dengan keahliannya menghitung cepat.

Bocah tersebut dijuluki manusia kalkulator. Pasalnya, dia sangat piawai dalam berhitung bilangan ratusan hingga dua puluh baris dengan cepat dan tepat. 

Akhyar yang memiliki nama lengkap Andi Muhammad Ilham Akhyar (9) adalah siswa kelas V SDN Bertingkat Melayu, Jalan Muhammadiyah, Makassar.

Anak dari Andi Mardiana dan Andi Samsu Alam ini lahir pada 21 Mei 2008. Kemampuan berhitungnya didapatkan sejak tiga tahun lalu berkat pembinaan tambahan dari tempat les sempoanya di Jalan Gunung Bawakaraeng, Makassar.

Menurut guru privat Akhyar, Ludianti, mereka menggunakan metode gerakan yang berbeda dengan yang diterapkan di sekolah yang mengutamakan hafalan.

“Kami gunakan perhitungan gerakan. Pelan-pelan kita lepas dia mulai 1 digit 5 baris, 1 digit 10 baris, kemudian ke dua digit dengan speed semakin cepat dan seterusnya. Dia sekarang bisa 3 digit 15 baris, sampai 20 baris dalam waktu 18 detik,” ujar Ludianti setelah mengajar Akhyar, Kamis (8/3/2018).

Selain penambahan dan pengurangan, Akhyar juga hebat dalam pembagian serta perkalian. 

“Dia memang punya kelebihan. Kami melatih tambah, kali, bagi, dan kurang serta daya konsentrasi dan daya ingat Akhyar,” ujar Ludianti.

Sementara itu, menurut Akhyar, kemampuannya ini muncul karena awalnya mempelajari sempoa. Kini, meski tanpa alat itu, dia sudah dapat menguasai kemampuan berhitung. 

“Saya cukup coba konsentrasi sama angka terus hitung pakai jari,” kata Akhyar. 

Akhyar juga mengatakan bahwa sebelumnya pelajaran matematika sangat sulit dicernanya. Namun sekarang dia dengan mudah menyelesaikan pelajaran berhitung tersebut. Bahkan cita-citanya adalah menjadi pengajar matematika kelak.

“Mau jadi dosen matematika,” tutur Akhyar.

Andi Mardiana, mengaku kemampuan anaknya tersebut baru terlihat tiga tahun terakhir, bahkan saat Akhyar mengerjakan PR di rumah.

Andi Mardiana beserta sang suami tidak lagi membantu anak keduanya tersebut. Akhyar malah membuatnya takjub dengan kemampuan dan konsentrasiya.

“Saat mengerjakan pelajaran sekolah cepat diselesaikan. Kalau nonton dia juga cepat tanggap,” kata tenaga honorer di Kelurahan Borong itu.

Saat di rumah, aktivitas Akhyar sama dengan anak seusianya. Jika tidak mengaji, dia bermain dengan teman seusianya. Akhyar pun tidak terlalu suka bermain gadget. 

“Semoga bisa jadi anak yang lebih baik lagi. Tapi kalau saya mau dia jadi hafiz ikut kakaknya yang kini di pesantren,” jelas ibu Akhyar. 

Kini, tidak hanya berprestasi di sekolah, Akhyar juga berprestasi di kejuaraan nasional. Rencananya, Akhyar akan mengikuti kejuaraan berhitung internasional di Malaysia pada November mendatang. (Hajji Taruna)

Source link