, ,

Insta Story Sekarang Bisa Tambahkan GIF dari Giphy

by
gif instagram
Dok: Blog Instagram
gif instagram
Dok: Blog Instagram

Sebagai media sosial paling hits di kalangan milenial, Instagram terus melakukan penambahan fitur-fitur menarik. Terbaru, anak perusahaan Facebook itu baru saja menguji fitur baru yang membuat pengguna kini bisa menambahkan GIF atau gambar bergerak di Insta Story.

Nantinya pilihan gambar berformat GIF ini akan didapat dari Giphy. Hal ini dikarenakan Facebook sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan penyedia layanan gambar bergerak itu, yang mana fitur penambahan GIF dari Giphy juga sudah bisa digunakan di Facebook Messenger dan kolom komentar Facebook. Pencarian gambar berformat GIF ini pun sangat mudah dan bisa disesuaikan dengan kata kunci yang Anda tulis.

Fitur ini telah diuji coba sejak September 2017 lalu dan mulai dirilis ke beberapa negara seperti Brasil, Filipina hingga Indonesia pada awal pekan ini. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang paling awal mencicipinya. Penambahan fitur akan dilakukan secara bertahap untuk seluruh pengguna Android dan iOS versi terbaru.

Baca Juga :   Pileg 2019, NasDem Sulsel target 6 kursi di DPR RI

Kehadiran fitur GIF ini pun telah disampaikan oleh pihak Instagram melalui blog resmi mereka. Tapi jika Anda belum menemukan fitur penambahan GIF di Insta Story, maka segera perbarui aplikasi ke versi 29 melalui Play Store atau App Store.

Cara Menyisipkan Gambar GIF di Insta Story

Jika Anda ingin menambahkan GIF pada foto atau video di Insta Story, caranya sangat mudah. Pertama-tama, buatlah konten berupa foto atau video seperti biasa.

Baca Juga :   Pasangan FATMA Pamer Ratusan Mobil di Parade Pilkada Damai

Lalu tekan ikon stiker di sisi atas. Di sana Anda akan menemukan ikon GIF untuk mencari konten gambar bergerak dari Giphy di bawah ikon kamera. Lalu tuliskan kata kunci tertentu untuk menemukan beberapa gambar GIF yang Anda inginkan.

Semisal Anda menuliskan kata kunci “topi”, “kucing” atau “bola”. Lalu pilih GIF yang Anda suka dan sisipkan ke konten Insta Story Anda. Stiker berformat GIF ini pun juga bisa Anda setel sendiri ukuran dan letaknya, serta dapat dihapus dengan mudah.

Fitur Terbaru Baru Instagram Lainnya

Sebelum merilis fitur GIF untuk Insta Story, Instagram juga telah melakukan beberapa pembaruan lain. Seperti fitur status aktivitas atau ‘last seen’, yang memungkinkan pengguna Instagram bisa melihat kapan pengguna lain membuka akunnya seperti yang ada pada WhatsApp.

Baca Juga :   Jelang Kampanye, Ini Imbauan PAMMASE

Status tersebut bisa dilihat melalui fitur Direct. Anda akan melihat status “Active [keterangan kapan terakhir kali mengakses Instagram]” atau “Active now” apabila si pengguna sedang online di Instagram.

Instagram juga tengah melakukan uji coba untuk aplikasi Direct. Di mana aplikasi ini akan memisahkan obrolan pribadi dengan aktivitas di timeline Instagram. Sejauh ini aplikasi Direct tersebut sudah diuji coba di enam negara, yaitu Italia, Portugal, Turki, Israel, Chile, dan Uruguay. Patut ditunggu kapan aplikasi Direct akan resmi dirilis dan dapat digunakan oleh pengguna Instagram di Indonesia.