Keren, Toyota kembangkan teknologi Estec dan Tswin di mobil ini

by

Makassar – Toyota Motor Corporation (TMC) terus mengembangkan mesin diesel dengan memproduksi mesin berkode GD untuk jajaran produk sport utility vehicle (SUV). Sejak diproduksi pada tahun 2015, mesin GD mengusung teknologi Economy with Superior Thermal Efficient Combustion (ESTEC) serta Thermo Swing Wall Instulation (TSWIN) yang menghasilkan tenaga lebih besar, efisien, dan ramah lingkungan.

Marketing Manager Kalla Toyota, Aswan Amiruddin mengatakan peningkatan kebutuhan kendaraan sport utility vehicle (SUV) kian meningkat, dengan diiringi permintaan mesin diesel berteknologi. Melihat hal ini, TMC memproduksi mesin diesel berkode GD secara global pada tahun 2015, yang kemudian secara resmi menggantikan mesin diesel Toyota sebelumnya yaitu KD.

“Mesin 1GD-FTV  ini digunakan pada jajaran produk Toyota Land Cruiser Prado, dan Hilux. Sedangkan, Mesin  2GD-FTV digunakan pada jajaran produk Toyota All New Fortuner, Hilux, dan Grand Innova,”papar, Aswan

Dikatakan Aswan, teknologi Estec ini merupakan teknologi terbaru yang diusung oleh Toyota untuk memaksimalkan distribusi bahan bakar serta udara secara optimal. Sehingga mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Sementara, teknologi TSWIN membantu meningkatkan durabilitas serta efisiensi dengan struktur berbahan aluminium anodized berpori dengan ukuran 250nm pada head piston.

“Melalui hal tersebut, lapisan permukaan pada head piston mencegah terjadinya energy terbuang saat pembakaran  sehingga mendapatkan pembakaran yang lebih maksimal”, lanjutnya.

Mesin GD mengusung konfigurasi 4 silinder common-rail dengan 2 pilihan yaitu 1GD-FTV berkapasitas mesin 2,755cc serta 2GD-FTV memiliki kapasitas 2,393cc dilengkapi dengan variable nozzle turbocharged.

Melalui kolaborasi kedua teknologi tersebut mesin 1GD-FTV menghasilkan kompresi rasio sebesar 15.6:1 serta menghasilkan tenaga sebesar 177 PS dan torsi maksimal 42,8 kgm. Selanjutnya, pada mesin 2GD-FTV  mampu menghasilkan tenaga sebesar 149 PS pada putaran 3.400 rpm dan torsi maksimal 40,8 kgm pada putaran 1.600 rpm

Bagikan artikel ini :


Source link