KPU Palopo gelar raker penataan dapil dan Alokasi kursi

by

Palopo – Komisi Pemilihan Umum Kota Palopo menggelar Rapat Kerja (Raker) terkait Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi. Yang dilaksanakan di Mega Plaza Kota Palopo, Jumat 02 Maret 2018.

Pada raker tersebut, Ketua KPUD Kota Palopo, Haidar Jidar menyampaikan, bahwa pelaksanaan raker kali ini masih lanjutan dari pertemuan sebelumnya, guna  menshare dan membagi apa yang telah disusun KPU Palopo selama ini, dan apa yang akan dipaparkan pada raker ini akan bermanfaat baik bagi parpol maupun peserta pemilu ke depannya.

Menurut Haedar, dalam penetapan dapil sebanyak 7 poin menjadi prinsip dasar yang akan menjadi panutan untuk penetapan dapil yang akan dijadikan dasar pelaksanaan pemilihan umum legislatif (pileg) 2019 mendatang.

“Tujuh prinsip tersebut wajib dijadikan sebagai perhatian kalau ingin merubah dapil di kabupaten/kota, tidak terkecuali di daerah Kota Palopo,” ungkap Haedar.

Lanjutnya, prinsip pembentukan dapil ini sudah tertuang konkrit dalam peraturan KPUD Nomor 5 Tahun 2015 yang diadopsi dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu,” dan bukan hanya hari ini kami lakukan sosialisasi, namun ini sudah ke emoat kalinya, karena bukan hanya pemilukada, dan pemilu kegeslatif yang kami kerjakan, namun beririsan juga dengan Pemilu 2019. Dan kami bekerja sesuai koridor dan Undang Undang,” ungkapnya.

Haedar juga berharap terkait pemberitaan di semua media, agar pemberitaan terkait pemilukada dapat menjadi edukasi buat masyarakat, jangan justru menimbulkan persepsi yang bisa sehingga menjadi informasi yang tidak jelas di masyarakat.

Sementara itu, anggota komisioner lainnya, Syamsul, menyebutkan, raker kali ini adalah pematangan dari pembahanasan Dapil dan Alokasi Kursi.

Ini juga menindaklanjuti hasil pertemuan KPU Palopo dengan KPU provinsi. “Yang jelas dalam penyusunan dapil ini kita memperhatikan prinsip yang ada, yakni kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu dan proporsional,” jelas Syamsul.

Lanjut Syamsul, dalam penetapan dapil, ada dua usulan yang akan kami berikan ke provinsi, yang selanjutnya akan dilanjutkan ke KPU RI. “Kita berharap apa yang kami utamakan dari penetapan dapil tersebut dapat diakomodir. Apalagi dalam penetapan dapil ini dipantau langsung oleh KPU RI,” tandasnya.

Pada raker tersebut, dilakukan tanya jawab dan diskusi bersama terkait penetapan dapil. Dan selain dihadiri Komisioner KPU  lengkap, turut dihadiri hampir semua struktur penyelenggara pemilu, perwakilan media, dan pihak Kesbangpol Kota Palopo.

Bagikan artikel ini :


Source link