KPU Tegaskan Tahapan Pikada Makassar Tetap Berjalan

by

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menegaskan bahwa seluruh tahapan Pilkada Makassar tetap berjalan. Penegasan itu disampaikan pihak KPU Makassar pasca putusan sidang Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN), Rabu (21/3/2018).

Komisioner KPU Makassar, Andi Syaifuddin dikonfirmasi menjelaskan, putusan PTTUN sifatnya belum inkrah dan masih berproses di ranah hukum.

“Kita menghormati keputusan hukum, tapi itu bukan berarti membuat upaya hukum lainnya ditutup. Karena masih ada upaya hukum yang bisa dilakukan oleh tergugat, yakni proses kasasi,” kata Syaifuddin.

Adapun penetapan calon Wali Kota dan Wakil Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi), lanjutnya, belum bisa dicabut sebelum ada putusan yang berkekuatan hukum tetap atau inkrah dari Mahkamah Agung (MA).

Untuk itu, pihaknya mengaku tetap menjalankan fungsi sebagai penyelenggara pilkada, yakni meneruskan tahapan yang sudah menjadi agenda KPU Makassar di Pilwali 2018.

“Kami tetap menjalankan tahapan pilkada sesuai jadwal yang telah kami tetapkan, dan tahapan kampanye, pemutakhiran data pemilih, sosialisasi pilkada serentak ke masyarakat akan tetap berjalan, sesuai pemasangan dan pendistribusian APK dan bahan kampanye sementara tetap berjalan,” jelasnya.

Ditanya terkait alokasi anggaran operasional kuasa hukum dalam menghadapi proses kasasi nanti, Syaifuddin mengaku masuk dalam item anggaran sengketa pilkada.

“Jadi tidak menyatakan anggaran kasasi, tetapi anggaran untuk sengketa pilkada itu ada itemnya,” kuncinya. (Rusdi)

Source link