Menghitung Hari Unhas Akan Dipimpin Rektor Baru

by

MAKASSAR, – Tinggal menghitung jari, pada Kamis (1/3/2018) mendatang, Rektor Unhas yang baru akan ditetapkan oleh Majelis Wali Amanat (WMA) Unhas.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Unit Humas dan Protokol Unhas, Ishaq Rahman, pada Rabu (28/2/2018) pukul 16.00 Wita.

BACA: Rektor Unhas Pimpin Forum Rektor Indonesia 2018

Menurutnya, pemilihan Rektor untuk periode periode 2018 – 2022, adalah kali pertama yang dipilih dan ditetapkan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) Unhas melalui Rapat Terbuka Luar Biasa MWA pada bulan depan.

“Pemilihan Rektor ini merupakan momentum bersejarah bagi Unhas, karena inilah untuk pertama kalinya Rektor akan dipilih oleh MWA, sesuai mandat yang ditetapkan dalam Statuta Unhas sebagai PTN Badan Hukum.”jelas Ishaq.

Rencananya, Rapat Terbuka Luar Biasa Majelis Wali Amanat, yang berlangsung pada Kamis, (1/3/2018) pukul 11.00 Wita, di Ruang Rapat Senat, Lantai Dua Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea.

Lebih lanjut Ishaq menjelaskan, nantinya saat Rapat Terbuka Luar Biasa akan dilaksanakan dalam dua tahap.  Pada pukul 11.00 s.d. 13.00 WITA, akan didengarkan pendalaman dari visi dan misi masing-masing Calon Rektor.

Setelah itu, Majelis Wali Amanat yang berjumlah 18 orang akan melakukan Rapat Tertutup untuk membahas mekanisme pemilihan.

Namun, menurutnya. Apabila MWA menyepakati untuk melakukan musyawarah mufakat (aklamasi), rapat terbuka akan dilanjutkan dengan membacakan hasil keputusan.

“Namun jika Rapat Tertutup MWA menyepakati untuk dilakukan pemungutan suara, maka Rapat Terbuka akan dilanjutkan dengan proses pemilihan dan penghitungan suara.”imbuh Ishaq.

Untuk diketahui, Senat Akademik Unhas telah memilih tiga kandidat Calon Rektor Unhas Periode 2018-2022, antara lain Abrar Saleng, Prof. Dr. Ir. SH, MH., dan Muhammad Ramli, Dr. Eng. Ir. MT.

Selain kedua nama yang dipilih, Rektor Unhas diperiode sebelumnya, Dwia Aries Tina Pulubuhu, Prof. Dr. MA. juga naik sebagai calon rektor untuk periode selanjutnya.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun sulselekspres.com. Anggota WMA sebagian terdiri dari Ketua Ika Unhas, M. Jusuf Kalla dan Menristek Dikti.

Nantinya setelah penetepan Rektor Unhas periode 2018-2022, Ishaq menerangkan bahwa pelantikan akan diadakan di bulan selanjutnya.

“Setelah proses pemilihan, pelantikan juga akan dilaksanakan oleh Majelis Wali Amanat, yang direncanakan berlangsung pada bulan April 2018.”tutup Ishaq.

Penulis : Agus Mawan

loading…


Source link