Minta uang parkir, empat warga Rajawali dibekuk tim Saber Pungli

by

Makassar – Empat kawanan preman dibekuk polisi karena telah melakukan parkir liar di area gedung Celebes Convention Center (CCC) Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar.

Masing-masing pelaku yakni Ismail (27), Deni Helling (31), Darlan (31), dan Rahman (34). Mereka ditangkap sekira pukul 17.00 Wita, Kamis 8 Maret 2018 berkat adanya informasi dari masyarakat, bahwa ada preman yang kerap memalak di gedung CCC milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Mendapat laporan itu, tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saberpungli) Polrestabes Makassar melakukan penyelidikan dan langsung menangkap keempat warga Jalan Rajawali itu di gedung CCC.

“Perbuatan empat preman ini meresahkan masyarakat sehingga penangkapan dilakukan Saber Pungli Tipikor Polrestabes Makassar,” kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani.

Dicky mengatakan, modus yang digunakan pelaku yakni memintai uang kepada setiap pengendara yang memarkir kendaraannya di area gedung CCC tanpa memberikan karcis parkir kepada pengendara.

Dari tangan pelaku, polisi menyita uang masing-masing Ismail Rp.120.000, Deni Helling Rp 120.000, Darlan Rp.120.000 dan Rahman Rp.114.000

“Totalnya ada empat ratus tujuh puluh empat ribu rupiah yang disita dari emapta pelaku ini,” terang Dicky.

Sementara Wakil Kepala Polrestabes Makassar, AKBP Hotman Sirait mengatakan preman ini memaksa pengunjung membayar biaya masuk di area parkir gedung CCC sebesar Rp 5.000 untuk motor dan mobil Rp 10.000.

Padahal, kata dia pemerintah telah menetapkan tarif parkir hanya Rp 2.000 untuk motor dan Rp 3.000 untuk mobil.

“Empat pelaku dikenakan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2016 tentang Saber Pungli dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara,” tegas Sirait.

Bagikan artikel ini :


Source link