Motivasi santri menulis, Ponpes Hj Haniah Maros hadirkan pegiat Pecandu Aksara

by

Maros – Pondok Pesantren (Ponpes) Madrasah Aliyah Hj Haniah Maros menggelar Pelatihan Kepenulisan bertempat di Masjid Ponpes Hj Haniah, Desa Bontotallasa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros. Kamis, 21 Februari 2018.

Pelatihan ini menghadirkan pemateri yakni dua pegiat komunitas Pecandu Aksara sekaligus tim Redaksi Penerbit MIB Indonesia, Nur Rahmah dan Suci Muslimah.

Nur Rahmah sebagai pegiat Pecandu Aksara dan juga Pimpinan Redaksi MIB Indonesia membawakan materi tentang artikel dan esai, sedangkan Suci Muslimah membawakan materi citizen jurnalistik.

Para santri tampak antusias mengikuti kegiatan ini, dilihat dari jumlah mereka yang menghampiri 30 peserta. Pembukaan acara disuguhi oleh suara merdu Tilawatil Qur’an oleh santri putra, Fajar Siddiq.

“Anak-anak kenal Novel Ayat Ayat Cinta? Penulis Habiburrahman  El Shirazy. Laskar Pelangi? Penulis Andrea Hirata. Mereka dapat menjadi figur yang dikagumi anak muda saat ini. Hanya dengan satu karya dari mereka saja, dapat membangun sebuah sekolah/pesantren sebagai jerih payah dari hobi menulis,” kata ustadz Idris Lc memberikan motivasi kepada peserta disela-sela pembukaan kegiatan.

Ustadz Idris Lc memotivasi peserta disela-sela pembukaan kegiatan

Idris juga mengungkapkan bahwa dirinya ingin memberikan wadah bagi para santri yang memiliki bakat di dunia kepenulisan.

“Karena ternyata selama ini ada santri putri yang telah membuat cerita bersambung di kalangan mereka dan sudah menjadi tren untuk mereka. Terbukti 2 buku karya mereka telah diterbitkan di buku catatan khusus,” lanjut Idris yang saat ini mengajar ilmu Bahasa Arab.

Motivasi yang sama juga diberikan oleh Kepala Madrasah Aliyah Hj Haniah,

“Ini waktunya menuangkan bakat yang ada pada diri kalian. Kami telah mewadahi. Saking semangatnya, kami telah membuat 2 website dalam jangka waktu 2 minggu,” ucapnya.

Pimpinan Redaksi Penerbit MIB Indonesia yang juga anggota Pecandu Aksara, Nur Rahmah memaparkan materi dihadapan para peserta

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, para peserta dibagi menjadi 3 grup. Grup pertama yakni grup non fiksi berupa esai dan artikel yang didampingi oleh pemateri Nur Rahmah dan grup fiksi yang didampingi oleh Nur Atika serta grup citizen jurnalistik yang didampingi oleh Suci Muslimah.

Hasil akhir dari pelatihan ini nantinya, tugas citizen jurnalis, artikel dan karya fiksi santri yang diberikan oleh pemateri akan dimuat di website Ponpes Hj Haniah.

Bagikan artikel ini :


Source link